Menelisik Sejarah Candi Plembutan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 19 April 2016
Menelisik Sejarah Candi Plembutan
Candi Plembutan

MerahPutih Budaya - Candi Plembutan merupakan salah satu candi besar yang ada di Gunungkidul, DI Yogyakarta. Letaknya berada di Dusun Timur, Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Candi Plembutan belum dapat dipastikan kapan dibangun. Berdasarkan catatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, Candi Plembutan dibangun sekira abad ke-7 dan ke-8. Hal ini didasari atas tekstur dan batuan bangunan candi.

Di Candi Plembutan terdapat bangunan terbuat dari batu putih. Denah bangunan berbentuk bujur sangkar berukuran 13 m x 13 m. Arsitektur bangunan bagian atas kemungkinan menggunakan bahan dari kayu.
Dari temuan-temuan tim peneliti BPCB maupun tim arkeologi UGM, disimpulkan bahwa Candi Plembutan merupakan peninggalan umat Hindu.

Di antaranya fragmen yoni, arca agastya, tangan arca Ganesha, gerabah dan beberapa ornamen yang lain. Semua temuan tersebut merupakan corak masyarakat Hindu.

Candi Plembutan mengalami pemugaran 2 kali, yakni tahun 1997 dan 2000. Selain menyertakan tim BPCB, pemugaran tersebut menyertakan pula tim akademisi dari univiersitas ternama di Yogyakarta. Namun, pemugaran tersebut memang belum menyeluruh.

Kini, kondisi bangunan Candi Plembutan tampak dipagari. Hal ini bertujuan agar peninggalan sejarah ini tetap terjaga. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Risan, Candi Peninggalan Buddha yang Terabaikan
  2. Wisata Candi Tua di Ufuk Timur Yogyakarta
  3. Yuk Melancong ke Candi Cetho
  4. Candi Cetho, Mengalami Pemugaran Era Soeharto
  5. Candi Cetho, Nampak Megah Dibangun Pada Lereng Gunung Lawu
#Candi Plembutan #Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta #Wisata Candi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan