Komunitas Banteng Muda Salurkan Air Bersih di Kabupaten Rembang Komunitas Banteng Muda (KBM) menyalurkan 17 tangki air bersih kepada masyarakat di 7 Desa se-Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (20/11). (foto: dokumentasi KBM)

MerahPutih Persitiwa - Dalam rangka mewujudkan komitmen kepedulian terhadap kemanusiaan dan kebaikan dengan hashtag #DoGoodFeelGood Komunitas Banteng Muda (KBM) menyalurkan 17 tangki air bersih kepada warga masyarakat di 7 Desa se-Kecamatan Kaliori yaitu Desa Tambak Agung, Tunggulsari, Mojorembun, Mojowarno, Banyudono, Pantiharjo dan Bogoharjo, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Aktivitas sosial yang dijalankan Komunitas Banteng Muda itu dilakukan di sela-sela kegiatan Kunjungan Kerja DPP KBM ke Semarang, Pati, Blora dan Rembang 18-21 November 2015 ini.

Kegiatan sosial yang bertajuk "KBM Peduli Air Bersih Rembang" ini diharapkan bisa membantu persoalan kekeringan air yang masih dialami oleh warga setempat. Memang saat ini di Kabupaten Rembang, warga setempat sangat kesulitan mendapat air bersih karena sebagian sumur dan sumber air mengering akibat musim kemarau beberapa waktu lalu.

Bantuan air bersih secara simbolis diserahkan oleh Ketua Umum KBM Banyu Biru Djarot didampingi jajaran pengurus Nasional KBM Saiful Arifin, Nadine Cristalia, Lexyndo Hakim, Stephanie Suharto, Fajrin Saadi dan Philip Simanjuntak langsung kepada pemilik rumah di desa setempat, Jumat (20/11). KBM berharap bantuan air bersih ini setidaknya bisa meringankan beban warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.

Banyu menceritakan bahwa gerakan ini spontan saja dari teman-teman KBM, Action for Nation, segala persiapan, selama untuk kemanusiaan untuk kebaikan kami tidak akan pikir panjang lagi dan memang kebetulan ada di sini, ya langsung kita salurkan air bersih ini.

"Diatas segala kepentingan, kami berada di pihak kemanusiaan, siapapun, dimanapun, kapanpun. Di bumi manusia, kami mengada dan berada. Untuk sesama dan anda," ujar Banyu Biru.

”KBM mbagi banyu resik kanggo masyarakat Rembang sing kekeringen (KBM membagikan air bersih untuk warga Rembang yang kekeringan)," tambah Banyu yang juga dikenal sebagai politisi Muda PDI Perjuangan ini.

Banyu menambahkan bahwa satu tangki air bersih berkapasitas 7.000 liter ini biasanya digunakan untuk memberikan bantuan kepada 200-an orang yang kekurangan air, artinya dengan 17 tangki air yang tersalurkan hari ini telah dapat membantu sedikitnya 3.500 warga dalam kebutuhan air bersihnya.

Ketua Bidang Sosial KBM Nadine Cristalia mengatakan kekeringan yang menimpa warga ini memang menjadi perhatian KBM untuk ikut andil membantu dengan menyalurkan bantuan air bersih sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

Kegiatan sosial yang diprakarsai oleh Ketua Bidang Pertanian & Kelautan KBM Saiful Arifin ini cukup membuat masyarakat dan warga setempat tersenyum ceria.

"Ini spontan, kami merasa tersentuh untuk turun membantu karena bayangkan di negara kita yang sudah merdeka 70 tahun ini masih ada warga yang tidak punya air dirumahnya tidak bisa mandi bahkan untuk cuci tangan pun tidak ada air," ujar Afu panggilan akrab Saiful.

Kegiatan KBM peduli air bersih Rembang ini juga dilangsungkan bersamaan dengan pelaksanaan Kampanye dan aksi sosial Pasangan Calon Bupati dan calon Wakil Bupati Rembang yang diusung oleh PDI Perjuangan "Hamzah – Ridwan". Selain 17 tangki air bersih dari KBM, Pasangan calon yang berjargon Mumpuni dan Peduli ini juga menyalurkan puluhan tangki air bersih dengan target lebih dari 100 tangki bisa tersalurkan.

Calon Bupati Rembang, Hamzah mengatakan bahwa Pemkab Rembang juga sudah memberikan bantuan air bersih sejak awal Juli 2015, namun tidak merata dan tidak terjangkau, kalaupun masih ada sumur warga yang masih tersedia air, biasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Nadine menambahkan KBM telah banyak mendengar kesulitan warga Rembang mendapatkan air bersih, dan dengan kegiatan hari ini mereka berharap dapat sangat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih yang memang dibutuhkan warga.

"Sebagai generasi muda bangsa, kegiatan ini yang setidaknya bisa kami dedikasikan untuk Tanah Air. Harapannya, bantuan air bersih bisa merata ke semua warga yang memang kesulitan air bersih dan tidak hanya KBM yang menyalurkan bantuan-bantuan seperti ini," ujarnya.

Mewakili KBM, Nadine menyampaikan salam dan antusias bahagia dan lega melihat tawa senyum ceria warga masyarakat yang mendapatkan bantuan air bersih.

 

BACA JUGA:

Ibu Kota Kekeringan, Tukang Pipa Raup Untung Besar

Dampak Kekeringan di Sejumlah Daerah

Atasi Kekeringan, BNPB Siapkan Dana Rp75 Milliar

BNPB: 12 Provinsi Alami Kekeringan

 



Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH