Komnas Perempuan: Kejantanan Bentuk Eksistensi Pria

Bahaudin MarcopoloBahaudin Marcopolo - Senin, 10 Agustus 2015
Komnas Perempuan: Kejantanan Bentuk Eksistensi Pria
Komisioner Komnas Perempuan Sri Nur Herwati (MerahPutih foto/Achmad)

MerahPutih Kriminal - Publik tanah air sempat dihebohkan dengan kematian dua orang perempuan cantik. Keduanya sama-sama tewas ditangan orang dekatnya sesudah hubungan intim. Kedua orang tersebut adalah Sekretaris Presdir XL Hayriantara alias Rian (37) dan pekerja seks komersial (PSK) online Deudeuh Alfisahrin (28).

Rian tewas dibunuh kekasihnya Andy Kurniawan alias Andy Wahyudi (38) di sebuah hotel di kawasan Garut, Jawa Barat. Kepada penyidik AK alias AW mengaku nekat membunuh Rian lantaran jengkel karena urusan kejantanannya disinggung.

Sebaliknya Deudeuh Alfisahrin alias Mpih tewas ditangan pelangganya M Prio Santoso (25) karena menghina pelangganya dengan menyebut badannya bau. Kedua wanita tersebut tewas ditangan laki-laki sensitif.

Menanggapi hal tersebut Komisioner Komisi Nasional Perempuan Sri Nur Herwati mengatakan, laki-laki dikonstruksikan sebagai ordinat dan perempuan sub ordinat. Maka pria selau identik dengan gagah, dan perkasa, secara fisik.

"Maka kalau ada yang selingkuh itu eksistensi laki-laki," kata Sri kepada Merahputih.com, di kantor Komnas Perempuan, Jakarta, Senin (10/8).

Sementara, dalam kasus-kasus yang selama ini terjadi memang seolah ketika laki-laki dianggap tidak melakukan kekerasan, dianggap bukan laki-laki sejati. Bahkan, bisa dicap sebagai suami takut istri.

"Misalnya, laki-laki lemah lembut dianggap sebagai suami-suami takut istri," kata Sri.

Dengan demikian, kata Sri, pandangan tersebut menyumbang banyak impilkasi terhadap kekerasan pada perempuan. Padahal, dalam ratifikasi CEDAW sudah mengamanatkan untuk meminimalisir kekerasan terhadap perempuan.

"Dari tahun 1984, ratifikasi belum ada perubahan untuk menghapus segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan," tandasnya. (mad)

BACA JUGA:  

Singgung Kelamin Laki-laki, Nyawa Taruhannya 

Rian dan Mpih Tewas di Tangan Laki-laki Sensitif 

Tips Jitu Urusan Ranjang dari dr. Boyke 

 

Bagikan
Bagikan