Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Kulit Vitiligo

Ana AmaliaAna Amalia - Rabu, 18 November 2015
Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Kulit Vitiligo
(Foto: redefinedmybeauty Instagram)

MerahPutih Kesehatan - Pada umumnya manusia memiliki satu warna kulit, ada yang hitam, putih, cokelat, atau kuning langsat. Tapi bagaimana jadinya jika manusia memiliki dua warna kulit ditubuhnya? hal ini dikenal dengan Vitiligo.

Vitiligo adalah penyakit yang membuat permukaan kulit menjadi belang, akan tumbuh bercak-bercak putih pada kulit saat penyakit ini terjadi. Pada umumnya Vitiligo terjadi pada anak-anak dan bisa terjadi secara permanen.

Sebagian besar penderita Vitiligo kehilangan pigmen kulit secara lambat bahkan cepat pada hampir seluruh permukaan kulit mereka. Vitiligo terjadi ketika kulit tidak memproduksi melanin secara memadai. Melanin adalah senyawa yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Gejala penyakit ini adalah munculnya becak-bercak putih dibagian tangan, kaki, wajah, bibir, serta leher. Awalnya bercak-bercak itu berwarna merah muda pudar hingga berubah menjadi putih. Becak itu biasanya tidak dapat hilang alias permanen dan kadang terasa gatal juga kemerahan jika terpapar sinar matahari.

Jika sudah mengalami gejala tersebut, segeralah hubungi dokter. Penanganan tepat pada tahap awal dapat menghambat perkembangan kondisi ini.

Penyakit ini tidak menular dan tidak mengancam jiwa, hanya saja penderita akan mengalami ketidak percayaan diri akibat penampilan mereka yang berbeda.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab Vitiligo tapi beberapa ilmuan mengatakan penyakit ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik, stres, dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Baca Juga:

  1. Cara Alami Atasi Flek Hitam di Wajah dengan Terong
  2. Tips Pintar Mencegah Salah Model saat Potong Rambut
  3. 5 Hal Menarik Tentang Cat Kuku yang Perlu Diketahui
  4. Kenali 5 Tanda Wanita yang Kecanduan Kosmetik
  5. Cara Alami Merawat Kecantikan Kuku

 

#Kulit Sehat #Penyakit Kulit Langka
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan