Kementan Diminta Kaji Ulang Rencana Ekspor Daging Ayam

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 25 September 2015
Kementan Diminta Kaji Ulang Rencana Ekspor Daging Ayam
Peternak menyemprotkan cairan di kandang ayam potong di Desa Wangandawa, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (18/8). (Foto Antara/Oky Lukmansyah)

MerahPutih, Bisnis-Kementerian Pertanian (Kementan) berencana melakukan ekspor daging ayam ke beberapa negara tetangga. Harga ayam di pasar dalam negeri saat ini anjlok karena stok berlebih.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Srie Agustina mengapresiasi rencana tersebut. Namun, Indonesia belum bisa mengekspor ayam berbentuk daging melainkan harus diolah terlebih dahulu.

Dijelaskan Srie, ada beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia belum bisa mengekspor daging ayam ke luar negeri. 

"Tujuannya bagus tapi sayangnya kita kan tidak bisa ekspor ayam dalam bentuk daging. Kita harus olah terlebih dahulu karena kita masuk kategori negara yang belum bebas dari flu burung," ujarnya di kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Jumat (25/9)

Menanggapi rencana Kementan mengurangi day old chicken (DOC) sekitar 6 juta, Srie meminta Kementan menghitung terlebih dahulu jumlah kebutuhan DOC rill di dalam negeri.

Srie khawatir ekspor dan pengurangan DOC justru malah mengurangi pasokan di dalam negeri sehingga menyebabkan harga daging ayam di dalam negeri malah naik.

"Mesti dihitung kembali dengan cermat apa mungkin dari sisi peternak dengan itu bisa langsung seimbang tapikan dalam jangka panjang khawatir akan membuat kekurangan supply dan malah harga jadi tinggi kembali. Jadi menurut saya yang penting iu bagaimana teman-teman di sektor hulu dan hilir itu ada pembicaraan bahwa jangan sampai mereka mmbeli harga ayam itu di bawah HPP (harga pokok produksi)," ucapnya. (rfd)

Baca Juga: 

  1. KPPU Sebut Ada Kesamaan Antara Kelangkaan Ayam dan Sapi
  2. Kemendag Sebut Pedagang Ayam Tidak Mogok Tapi untuk Stabilkan Harga
  3. Stok Daging Ayam Aman, Daging Sapi Tunggu Impor
#Kementerian Perdagangan #Kementerian Pertanian #Srie Agustina
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan