Jumlah Korban Meninggal Gempa Aceh Menjadi 102 Orang

Ana AmaliaAna Amalia - Selasa, 13 Desember 2016
Jumlah Korban Meninggal Gempa Aceh Menjadi 102 Orang
Deskripsi : Gempa Aceh (Foto: Twitter @FaktaAgama)

MerahPutih Nasional - Pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh masih terus dilakukan. Pada Senin siang kemarin (12/12) tim SAR menemukan satu korban meninggal atas nama Devi Srijalani (22) di Pidie.

"Dengan demikian jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Aceh adalah 102 orang dimana 96 di Pidie Jaya, 4 orang di Pidie dan 2 orang di Bireuen. Korban luka-luka 857 orang. Pengungsi 83.838 orang tersebar di 124 titik," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui rilisnya, Selasa (13/12).

Saat ini fokus utama tim SAR adalah membantu membersihkan puing-puing bangunan. Sebanyak 4.836 personil dari kementerian, lembaga, TNI, Polri, pemda, relawan, NGO, organisasi masyarakat dan lainnya masih melakukan penanganan darurat.

"Pemerintah mendampingi pemerintah daerah, baik dana, logistik, peralatan, manajerial dan tertib administrasi. Kepala BNPB terus di lokasi bencana untuk mengkoordinir potensi nasional untuk membantu pemerintah daerah," katanya.

Sampai saat ini jumlah pengungsi terus bertambah lantaran masih seringnya gempa susulan. BMKG mendata sudah 88 kali gempa susulan. Masyarakat takut dan khawatir adanya guncangan sehingga merasa nyaman di pengungsian.

"Trauma healing, kegiatan psikososial dan pelayanan kesehatan dilakukan kepada pengungsi. Klaster nasional penanganan pengungsi, klaster kesehatan dan klaster logistik terus melayani pengungsi," ucap Sutopo.(Yni)

BACA JUGA:

  1. Partai Republik Bantu Korban Gempa Aceh
  2. BNPB Terus Percepat Penanggulangan Pasca Gempa Aceh
  3. SAR Gabungan Fokuskan 5 Titik Pencarian Korban Gempa Aceh
  4. Kopdar Ke-8, Fortiber Panjatkan Doa untuk Aceh
  5. Panglima TNI Tinjau Lokasi Gempa di Aceh
#Gempa #Gempa Aceh #Aceh
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan