Jokowi Disambut Tukang Sampah di Amerika Serikat Hoax

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 26 Oktober 2015
Jokowi Disambut Tukang Sampah di Amerika Serikat Hoax
(Foto: Facebook/Nanik Sudaryati)

MerahPutih Peristiwa - Kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut tukang sampah saat tiba di Amerika Serikat ternyata hoax atau bohong. Kabar hoax itu bermula dari media sosial dengan sebuah foto Presiden Jokowi bersama rombongan turun dari pesawat kepresidenan. Dalam foto itu, terlihat di bagian samping belakang pesawat seorang mirip tukang sampah dengan alat pengangkut sampah di sampingnya.

Hal ini menjadi perbincangan netizen di media sosial, salah satunya Facebook. Akun Facebook Nanik Sudaryati misalnya, ia sangat mengkritisi sikap Amerika yang terkesan ogah menyambut Presiden Jokowi dengan baik ketika melihat foto tersebut. Bahkan Nanik mempermasalahkan bak sampah dan petugas kebersihan bandara di dekat pesawat kepresidenan berwarna biru itu.

Setelah ditelusuri, ternyata alat yang diduga sebagai tempat sampah tersebut merupakan alat pemadam kebakaran yang disebut sangat canggih di dunia militer Amerika Serikat, terutama untuk antisipasi kebakaran awal di bandara militer.

Alat itu merupakan pemadam kebakaran dengan kinerja efektif untuk jalur penerbangan. Maka dari itu, karena pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi mendarat di bandara militer, alat tersebut disiagakan di dekat pesawat kepresidenan Indonesia sesaat setelah mendarat. Dan, alat tersebut dijaga dan siap dioperasikan oleh seorang petugas yang disangka tukang sampah.

Alat tersebut yaitu Model 775 - Wheeled Novec 1230 Fire Extinguisher. Dalam aviationpros.com, alat pemadam kebakaran tersebut dikembangkan militer Amerika Serikat dengan kinerja pemadaman yang efektif dan paling aman, terutama untuk alat pemadaman pertama ketika terjadi kebakaran di jalur penerbangan. Alat ini mudah digunakan dan dipindahtempatkan dari satu lokasi ke lokasi lain hanya oleh satu orang.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana Widodo, bersama rombongan, terbang ke Amerika Serikat menggunakan pesawat keperesidenan Sabtu (24/10).  Pesawat kepresidenan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, pada hari Minggu (26/10),  pukul 12.30 waktu setempat.

Di Amerika Serikat, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden AS Barack Obama. Jokowi juga memiliki beberapa agenda seperti bertemu dengan beberapa CEO mulai dari Google, Microsoft, Apple dan sebagainya. Pertemuan ini guna membahas usaha digital dan kreatif di negara Paman Sam tersebut.

Saat pertama tiba, Presiden Jokowi disambut Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono, dan mewakili pemerintah AS ada duta besar Amerika untuk Indonesia O Blake, dan kepala protokol AS Peter Selfridge.


Baca Juga:

  1. Tiba di Amerika, Netizen Sebut Jokowi Disambut Tukang Sampah?
  2. AS Lobi Jokowi Batalkan Pembelian Pesawat Sukhoi SU-35
  3. Jokowi dan Rombongan Tiba di Washington DC
  4. Jokowi dan 1200 WNI di Amerika Serikat
  5. Di Amerika Presiden Jokowi Bicara Soal Kabut Asap
#Pemadam Kebakaran #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan