Institut Teknologi Massachusetts Buat Robot Peniru Gerakan Manusia

Fadhli Fadhli - Minggu, 09 Agustus 2015
Institut Teknologi Massachusetts Buat Robot Peniru Gerakan Manusia
Robot peniru ciptaan MIT. (Foto: YouTube)

MerahPutih Teknologi - Nampaknya kita akan semakin dekat dengan era di mana robot dapat bergerak dengan bebas, karena pesatnya inovasi dalam mengembangkan robot, seperti yang dilakukan Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Mereka membuat robot yang dapat meniru gerakan manusia.

Robot ciptaan MIT ini pada dasarnya jadi seperti tubuh pengganti manusia. Konsep kerjanya adalah meniru gerak tubuh, seperti yang dilakukan robot bernama Atom dalam film “Real Steel”. Robot ini layaknya avatar bagi tubuh kita.

Seperti yang ditunjukan pada video yang diunggah MIT ke YouTube, selain dapat menggerakan semua sendinya, menggenggam, dan melakukan gerak motorik yang mengikuti gerak pengendali, jika robot ini menerima guncangan, maka pengendalinya juga akan merasakan hal yang sama.

Ketika robot diguncang, maka kita sebagai pengendalinya juga akan merasakan guncangan yang sama. Kemampuan meniru robot ini juga bisa dibilang cukup baik, karena robot ini juga dapat menyesuaikan tenaga genggamannya, sesuai dengan kehendak pengendali.

Selain itu, sang pengendali juga dibekali dengan perangkat kaca mata virtual reality yang menampilkan gambar seperti yang ada di hadapan robot. Dengan begitu pengendali dapat melihat apa yang robot lihat.

 

Baca juga:

Drone Impian Facebook Terealisasi

NASA Kembangkan Drone untuk Medan Luar Angkasa

Microchip Cardiac, Berikan Peringatan Dini Potensi Gangguan Jantung

Penampakan Pertama Hoverboard Lexus

Erica, Robot Android Cantik yang Pandai Bicara

#Robot
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan