Ingin Kenal Kearifan Lokal, Eva Toisutta Gabung Pemuda Pancasila Eva Toisutta artis FTV yang bergabung dengan Pemuda Pancasila di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (14/11). (Foto: MerahPutih/Fachruddin Chalik)

MerahPutih Artis - Eva Toisutta, selama ini lebih banyak melakukan syuting sinetron dan presenter sport. Wanita cantik ini tergerak untuk bergabung dengan Pemuda Pancasila, justru setelah Eva banyak melihat dunia luar selama menjalani profesinya sebagai artis.

Hal tersebut diungkapkan Eva Toisutta dalam bincang-bincang santainya bersama merahputih.com, di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan HUT Pemuda Pancasila ke-56, di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (14/11).

"Kalau gua pribadi, berharap bisa mengenal kearifan lokal melalui Pancasila. Karena kita punya undang-undang, kita punya Pancasila, kita punya etika, yang berbeda dan tidak dimiliki bangsa lain, yang saat ini gua lihat sudah luntur dan hilang," ujar Eva.

Ketakjuban Eva kepada kearifan lokal bangsa Indonesia justru didapat dari pengalamannya selama bekerja sebagai artis FTV, di mana dirinya sering melakukan travelling dan syuting ke daerah-daerah di seluruh Nusantara, dan bersentuhan dengan masyarakat sekitar.

"Indonesia saat ini bukan lagi diambang degradasi moral, namun sudah terjadi itu yang namanya degradasi moral, sopan santun dan etika yang dulu dimiliki bangsa ini, sekarang sudah menjadi barang langka, yang cuma bisa ditemui di daerah-daerah kecil, pelosok. Kalau di kota-kota besar, sudah sama masyarakat sosialnya dengan orang barat, sudah individualis, sementara Pancasila kan tidak mengajarkan itu," pungkas Eva. (aka)

 

Baca Juga:

  1. Srikandi Pemuda Pancasila: Nilai Pancasila di Masyarakat Mulai Luntur
  2. Srikandi Pemuda Pancasila Gencarkan Kerja Sama dengan Pemerintah
  3. Demi 3 Srikandi, Tara Basro dan Chelsea Islan Giat Latih Panahan
  4. Pesan Jokowi untuk 9 Srikandi Pansel KPK
  5. Kejutan, Jokowi Tunjuk 9 Srikandi Jadi Pansel KPK

 



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH