Hasil Temuan Ahli Toksikologi Kandungan Sianida di Perut Mirna O,2 Gram

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 25 Agustus 2016
Hasil Temuan Ahli Toksikologi Kandungan Sianida di Perut Mirna O,2 Gram
Sidang ke-14 Jessica atas pembunuhan Mirna Salihin menghadirkan saksi ahli Toksikologi I Made Agus Gelgel Wirasuta di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (25/8). (Foto: MerahPutih/Yohanes Abimanyu)

MerahPutih Megapolitan - Pihak kuasa hukum Jessica Kumala Wongso sempat melayangkan protes terkait kehadiran dua saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU). Namun, hakim tetap mempersilakan saksi ahli untuk tetap memberikan penjelasan di persidangan "kopi sianida."

Ahli toksikologi I Made Gelgel Agus Wirasuta mengatakan dirinya sudah memberikan kesaksian sesuai dengan BAP yang ditelusuri pasca tewasnya Wayan Mirna Salihin.

"Menurut BAP dari Bareskrim Mabes Polri PH Korban 5,5 dan mengandung sianida. Sedangkan BAP kedokteran forensik ada efek korosit hebat dalam tubuh korban (Mirna)," kata I Made di ruang sidang, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (25/8).

I Made menjelaskan, racun sianida yang diminum sebanyak 20 mililiter (ml). Sedang yang masuk perut Mirna kandungannya hanya 0,2 gram sianida.

"Jadi sebagian yang ditemukan di lambung Mirna hanya 0,2 gram saja. Sebagian lagi sudah terserap oleh organ tubuh lainnya sehingga tidak dapat menyerap oksigen akhirnya menimbulkan kematian pada Mirna," jelasnya.

I Made menambahkan, autopsi yang dilakukan setelah 3 hari kematian korban membuat racun sudah tersebar ke organ tubuh lain.

"Korban 3 hari baru diautopsi sehingga senyawa bisa kedistribusi ke mana pun. Ini yang membuat sianida tidak terkonsentrasi di lambung saja," tandasnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Kasus Sianida, Begini Tips Menetralisir Racun dalam Tubuh
  2. Ahli Toksikologi: Hanya 30 Menit Sianida Bereaksi, Nyawa Mirna Tak Tertolong
  3. Jessica Gatal Karena Terpapar Racun Sianida?
  4. Ahli Forensik Paparkan Reaksi Racun Sianida Saat Masuk ke Tubuh Mirna
#Wayan Mirna Salihin #Ahli Toksikologi #Jessica Kumala Wongso
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan