Harya Suramita Tak Sekadar Handal Membuat Komik Anak kedua Harya Suryaminata, Bathari Sekar Dewangga (12) memegang foto Hasmi saat pemakaman di Pemakaman Seniman Giri Sapto, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (7/11). (Foto: MerahPutih/Fredy)

MerahPutih Budaya - Kabar kepergian Harya Suramita atau akrab dipanggil Hasmi, Minggu (6/11), menyisakan cerita duka bagi keluarga dan kerabatnya. Salah satunya ialah Fajar Sungging, sahabat sekaligus kerabat dekat dalam berkarya.

Di mata Fajar, Hasmi merupakan seniman handal. Tak hanya berkecimpung di satu bidang seni saja, melainkan beberapa bidang seni. Tak hanya sekadar menulis komik belaka, melainkan juga aktif di dunia seni peran dan pembuat naskah drama.

"Beliau juga aktif di seni peran. Misalnya, beliau ikut berperan dalam film garapan Hanung Bramantyo, judulnya Kartini," kata Fajar kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (7/11).

Pria yang bertempat tinggal di Jalan Magelang ini merupakan kelahiran Yogyakarta, 1946. Ia pertama kali menerbitkan komik karyanya pada tahun 1969 dengan judul "Gundala Putra Petir". Semasa hidupnya sudah ada sekitar 23 judul seri Gundala antara tahun 1969 sampai 1982.

Hasmi wafat di RS Bethesda, Kota Yogyakarta, Minggu siang, pukul 12.21 WIB. Hasmi sempat menjalani perawatan operasi usus di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sebelum dinyatakan pergi untuk selamanya. Kepergian seniman Yogyakarta ini meninggalkan seorang istri, Mujiwati dan dua orang anak, Ainun Anggitamukti dan Ata. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Sendang Sriningsih Rusak, Polda DI Yogyakarta Lakukan Penyelidikan
  2. Tingkatkan Pelayanan, Polda DI Yogyakarta Luncurkan Aplikasi Polisikita
  3. Spanduk Larangan Main Pokemon Go Bertebaran di Yogyakarta
  4. Tahun ini Total Calon Haji dari Jateng dan Yogyakarta Berjumlah 26.561
  5. Pesona Pantai Congot Yogyakarta


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH