Gus Dur Berjasa Angkat Pesantren ke Tingkat Dunia

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 26 Desember 2015
Gus Dur Berjasa Angkat Pesantren ke Tingkat Dunia
Penghafal Alquran atau hafidz melantunkan ayat suci di komplek makam Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (26/12) dalam peringatan keenam tahun wafatnya cucu pendiri NU Gus Dur (Ant)

MerahPutih Peristiwa - Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dianggap berjasa kepada pesantren. Berkat jasa Gus Dur-lah pesantren menjadi dikenal dunia internasional.

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengatakan Gus Dur berperan dalam membuat kerukunan dalam beragama. Selain itu, cucu pendiri Nahdatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari itu turut berperan dalam mengenalkan pesantren ke tingkat dunia. 

"Tentu banyak yang bisa contoh dari beliau. Beliau adalah orang yang mengangkat pesantren ke tingkat dunia. Gus Dur juga orang yang akhirnya mampu nyenyelesaikan persoalan antara Islam dengan Pancasila," ucap Lukman Hakim di sela-sela acara Haul ke-6 almarhum Gus Dur di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (26/12).

Sementara itu koordinator acara Al-Zastrouw Ngatawi mengatakan acara ini mengangkat tema "Merawat Tradisi, Merajut Hati". Peringatan ini merupakan cerminan perjuangan Gus Dur dalam menyatukan umat Islam dalam konflik sosial politik di Tanah Air.

"Spirit merajut hati ini merupakan perjuangan Gus Dur sebagai cermin menjaga keberagaman yang mengedepankan wisdom," kata Al-Zastrouw.

Acara peringatan Haul ke-6 almarhum Gus Dur berlangsung lancar dengan pengaman ketat melibatkan 260 personel dari beragam kesatuan, kepolisian, paspampres, banser NU, dishub, koramil, dan KSK.   

Kapolsek Jagakarsa Kompol Sri Bhayangkari menuturkan pengamanan dibagi menjadi empat ring. "Alhamdulillah sejauh ini belum ada masalah," katanya.

Selain Menteri Agama, tampak sejumlah tokoh menghadiri acara Haul ke-6 almarhum Gus Dur seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama, Menkopolhukam Luhut Panjahitan, dan Menteri Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli. (yni)

BACA JUGA:

  1. Haul Gus Dur ke-6, Kesempatan Pedagang Jual Souvenir
  2. Malam Tahun Baru, Truk Bermuatan Besar Dilarang Masuk Jakarta
  3. Peringatan 11 Tahun Tsunami Aceh
  4. Natal, Ridwan Kamil Kunjungi Gereja - Gereja di Bandung
  5. Ulang Tahun Pernikahan Ridwan Kamil dan Atalia Bikin 'Baper'

 

#Nahdlatul Ulama #Pondok Pesantren #Haul Ke-6 Gus Dur #Menag Lukman Hakim Saifuddin
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan