Google Bakal Hapus Beberapa Aplikasi Smartphone Android

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Sabtu, 22 Agustus 2015
Google Bakal Hapus Beberapa Aplikasi Smartphone Android
Foto: Phone Arena

MerahPutih Teknologi - Saat membeli sebuah handphone Android baru, maka sudah umum kita ketahui bahwa Android tersebut hadir dengan berbagai aplikasi bawaan yang terkadang tidak kita perlukan. Contohnya yakni seperti Google+, Google Play Books, atau Google Newsstand.

Sebagaimana diwartakan laman Ubergizmo Sebagian aplikasi memiliki fungsinya masing-masing, namun banyak sebagian dari aplikasi besutan Google tersebut tak digunakan dan pada akhirnya membuat ponsel menjadi bloatware.

Untuk beberapa aplikasi yang jarang digunakan pada akhirnya mempengaruhi kinerja smartphone dan tak jarang mengakibatkan bloatware atau membuat lelet perangkat. Di masa depan, Google berencana untuk mengurangi kehadiran aplikasi bawaan mereka di smartphone Android.

Google berencana mewajibkan OEM melakukan pendaftaran pra-instal demi mengurangi aplikasi bawaan yang hanya membebani penyimpanan. Para OEM, diminta untuk memenuhi persyaratan tertentu agar aplikasi buatan Google dapat dimasukkan ke dalam smartphone.

Terkait dibuatnya peraturan baru tersebut, maka secara otomatis para OEM akan diberi pilihan untuk tidak menyertakan aplikasi Google di perangkat mereka. Pemilik smartphone secara leluasa bisa mengunduh aplikasi bawaan Google tersebut di Play Store jika mereka membutuhkannya.

Baca Juga:

Apple Music Bikin Para Pengguna iPhone Kecewa

Motorola Nexus 6 Resmi Dapatkan Android Lollipop 5.1.1

Muncul Penampakan Smartphone Android Milik BlackBerry

Samsung Galaxy Note Edge Dapatkan Update Android Lollipop 5.0

Desas-Desus Kehadiran Xperia Z3+

#Aplikasi #Google
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan