Den Haag Belanda Resmi Miliki Nama Jalan "Munir"

Fredy WansyahFredy Wansyah - Jumat, 03 April 2015
Den Haag Belanda Resmi Miliki Nama Jalan
Anggota Imparsial menyaksikan sidang perdana gugatan terhadap pembebasan bersyarat Pollycarpus di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Rabu (25/3). (Foto: Antara/Hafidz M)

MerahPutih Nasional - Pemerintah Kota Den Haag, Belanda, mengangkat nama aktivis HAM Munir menjadi nama jalan di sisi kota. Peresmiannya direncanakan pada 11 April mendatang di Jakarta. (BacaKasus Munir Janji Jokowi Ditagih)

Istri Munir, Suciwati, menyatakan kepada wartawan, Jumat (3/4), peresmian di Belanda akan dilakukan 11 April pukul 16.00 waktu setempat. Dalam peresmian di Den Haag, Suciwati direncanakan bakal hadir. Selain Suciwati, beberapa aktivis HAM lainnya bakal terbang ke Belanda. Sementara, di Jakarta para pegiat HAM bakal konferensi pers terkait peresmian di Belanda.

Nama jalan ini sudah direncanakan sejak tahun 2011. Pada 2014 peresmian mulai dipersiapkan. Di den Haag, nama Munir bersanding dengan nama-nama tokoh dunia lainnya, seperti Bunda Teresa dan Martin Luther King. (BacaPenembakan Jarak Dekat Pria Belanda)

Seperti diketahui, Munir wafat di dalam pesawat Garuda Indonesia saat menempuh perjalanan menuju Belanda, 7 September 2004. Pria bernama lengkap Munir Said Thalib ini dikenal sebagai aktivis HAM dan buruh. Di akhir masa hidupnya, Munir menjabat Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial. (fre)

#HAM #Jalan Munir Di Kota Den Haag
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan