Cerita Warga, Sumber Air Panas Semurup Kerap Dijadikan Lokasi Bunuh Diri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 18 Mei 2016
Cerita Warga, Sumber Air Panas Semurup Kerap Dijadikan Lokasi Bunuh Diri
Sumber Air Panas Semurup (Foto: Blogspot)

Merahputih Wisata- Sumber Air Panas Semurup Kerinci-Jambi memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar. Tak hanya menggeliatkan perekenomian warga, keberadaan sumber Air Panas Semurup juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti memasak dan pengobatan.

Diketahui, air panas yang muncul akibat kegiatan vulkanik itu sering dijadikan warga dan wisatawan untuk memasak berbagai kebutuhan pokok, seperti telur, pisang, mie instan hingga menyeduh kopi. Tak ayal berbagai warung kelontong menjamur di sekitar Wisata Air Panas Semurup.

Berdasarkan penuturan warga setempat, dulu Air Panas Semurup juga sempat dimanfaatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai tempat pemandian prajurit militer. Beberapa bukti peninggalan Belanda di sekitar sumber air panas juga masih dapat ditemui, seperti beberapa kamar mandi yang telah disulap menjadi lebih baik.

Namun dibalik kebaikan manfaat alami Air Panas Semurup, ada juga cerita miris yang kerap terjadi di sumber air panas tersebut. Warga sering menemukan adanya orang yang putus asa kemudian menceburkan diri ke dalam sumber air panas. Menurut penuturan warga setempat hampir setiap tahun ada saja yang mengakhiri hidup di dalam kolam sumber Air Panas Semurup.

Biasanya, kata warga orang yang mencoba bunuh diri di sini tidak akan ditemukan jenazahnya, sebab selain tubuhnya akan tenggelam dan hancur oleh panasnya suhu air, tulang-belulang korban juga sulit ditemukan. Konon, tulang manusia juga ikut hancur dan larut oleh suhu panas sumber mata air.

Hanya saja, korban bunuh diri di lokasi tersebut dapat diketahui dari pakaian mereka yang hanyut atau mengambang ke permukaan sember air panas. Selain itu, untuk mengetahui adanya korban bunuhdiri, air akan berbau amis dan permukaannya akan berminyak.

Untuk menghindari banyaknya orang yang bunuhdiri di lokasi tersebut, Pemerintah Daerah setempat telah memagari area sumber Air Panas Semurup yang hanya seluas 15 meter persegi dengan kedalaman 5 meter tersebut.

BACA JUGA:

  1. Wisata Alami Air Panas Semurup
  2. Mitos Manusia Harimau Kerinci
  3. Misteri Intan dan Emas Yang Terkubur di Danau Kaco
  4. Danau Kaco Bak Purnama di Malam Hari
  5. Danau Kaco "Air Surga Yang Terlempar ke Bumi"

 

 

 

#Pesona Indonesia #Wisata Kerinci #Wisata Air Panas Semurup
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan