CEO Twitter Undur Diri

Fadhli Fadhli - Jumat, 12 Juni 2015
CEO Twitter Undur Diri
Dick Costolo, CEO Twitter. (Foto: about.me)

MerahPutih Teknologi - Dick Costolo selaku CEO Twitter telah menyatakan pengunduran dirinya. Dirinya resmi menanggalkan jabatannya per 1 Juli 2015 mendatang. Meski mundur, Costolo masih tergabung dalam dewan direksi Twitter.

Hari ini (12/6) Re/Code mengatakan bahwa untuk sementara posisi Costolo akan digantikan oleh Jack Dorsey selaku co-founder Twitter. Selain memiliki jabatan di Twitter, Dorsey juga diketahui menjabat sebagai CEO di sebuah perusahaan pembayaran, Square.

Hingga Twitter menemukan pengganti Costolo, Dorsey akan menjabat sebagai CEO interim Twitter. Diketahui hingga saat ini pun Twitter masih belum mencari pengganti Costolo. Namun begitu, Twitter telah membentuk sebuah komite untuk menentukan orang yang tepat sebagai CEO Twitter berikutnya.

Komite itu terdiri dari dewan direksi seperti Fenton, Peter Currie, EV Williams, dan co-founder Twitter lainnya. Orang dari dalam atau luar perusahaan memiliki kesempatan untuk menjadi pertimbangan komite itu.

Pengumuman pengunduran diri ini dilakukan sendiri oleh Costolo bersama dengan Dorsey dalam sebuah konferensi interbal perusahaan. Menurut Dorsey, keputusan Costolo itu bukan karena performa perusahaan yang memang sedang menurun.

"Satu hal yang ingin saya luruskan bahwa transisi ini merupakan hanya keputusan Costolo untuk mundur dari perannya sebagai CEO. Ini tidak ada hubungannya dengan pendapatan perusahaan," kata Dorsey. Ia juga mengungkapkan bahwa Costolo sudah mengungkapkan rencana mundur sejak beberapa bulan lalu.

Memang banyak yang mengkritik peforma Twitter beberapa waktu belakangan ini. Twitter dinilai memiliki kesulitan dalam menambah pengguna dan memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan beberapa analis menurunkan prediksi pendapatan Twitter hingga 20 juta dollar Amerika, dimana kala itu Twitter berhasil memperoleh pendapatan sebesar 436 juta dollar AS.

Pengumuman pengunduran diri Costolo seakan juga menjadi angin segar bagi Twitter. Sejak resmi mengundurkan diri, Saham twitter langsung meningkat delapan persen.

 

Baca juga:

Pembicaraan Tentang Etika Perburuan Bug para Hacker

Menurut Google, Safety Question Tetap Tidak Aman

Pakar IT Yakin Polri Bisa Ungkap Pelaku dalam Hitungan Hari

SpaceX Luncurkan Satelit Internet untuk Pelosok Bumi

Heboh Kuis Ketika Tuhan Menciptakan Saya

Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan