Budaya Tradisi Masyarakat Ciben di Curug Mulai Terkikis

Ana AmaliaAna Amalia - Sabtu, 08 Oktober 2016
Budaya Tradisi Masyarakat Ciben di Curug Mulai Terkikis
(Foto: MerahPutih/Venansius Fortunatus)

MerahPutih Budaya – Tradisi warga peranakan Tionghoa, atau lebih dikenal dengan Cina Benten (Ciben) di wilayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang sudah mulai terkikis. Lahan untuk pertanian yang sebelumnya menjadi salah satu mata pencaharian pun perlahan-lahan tergerus oleh pengembang dan kawasan industri.

Koh Peng An (50), salah seorang tokoh masyarakat peranakan Tionghoa di mengakui, rasa kegotongroyongan masyarakat peranakan ini juga sudah mulai hilang, dan hanya terlihat pada saat-sata upacara kematian saja, itu pun jika yang meninggal tokoh-tokoh yang dituakan.

“Jiwa kegotongroyongan dulu mah masih ada, terutama pada saat kematian. Tapi sekarang biasanya kalau yang meninggal tokoh atau orang-orang yang sudah tua. Kalau yang muda-muda, sudah jarang,” ungkap Koh Peng An kepada merahputih.com, Sabtu (08/10).

Ia juga mengeluh, dengan kondisi seperti ini merasa kehilangan. Karena, masa-masa seperti waktu ia masih kanak-kanak jarang lagi ditemui. Bahkan, pada hari-hari besar Tiong Hoa, seperti Imlek, dan moon cake sudah sangat sepi.

“Kalau dulu, Imlek itu lima belas hari masih sangat terasa, tapi sekarang paling cuma sehari dua hari seperti beralalu aja. Tapi mau gimana lagi, sekarang dengan kesibukannya masing-masing ,” katanya.

Namun, Koh Peng An tidak memungkiri, pergeseran pola hidup masyarakat peranakan Tionghoa di wilayah tersebut yang dulunya mengandalkan matapencaharian bertani, saat ini banyak yang menjadi pedagang, dan berwirausaha. “Tapi, yang bertani dan berternak masih ada beberapa, tapi lahannya sudah mulai menyempit, jadi perumahan sama pabrik-pabrik,” tandasnya. (Widi)

BACA JUGA:

  1. Pantai Tanjung Kait Mauk Butuh Perhatian Pemerintah Tangerang
  2. Tanjung Pasir Akan Disulap Jadi Lokasi Konservasi Alam Ekowisata Mangrove
  3. Hutan Lindung Solear Butuh Perhatian Pemerintah
  4. Wisata Kramat Solear Tangerang
  5. Serunya Berinteraksi dengan Ratusan Kera di Hutan Lindung Solear
#Tionghoa #Kota Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan