Brokoli Kaya Gizi Ilustrasi (Foto: Sobeys.com)

Brokoli menjadi salah satu bahan wajib dalam berbagai menu yang dimasak para ibu untuk anak-anaknya, seperti sop, cap cai, dan cah brokoli. Brokoli memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan anak-anak. Di sisi lain, brokoli juga menjadi salah satu sayuran yang paling tidak disukai oleh anak-anak. Beberapa orang dewasa pun tidak menyukainya. Namun demikian, kandungan gizi dalam brokoli sangatlah melimpah dan sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Kandungan vitamin A, B, C, dan K sangat tinggi dalam brokoli. Selain itu, sayuran berbentuk unik ini juga mengandung antioksidan, yang dapat mencegah penuaan sel-sel tubuh sehingga fungsi tubuh tetap terjaga dengan baik. Sejumlah mineral penting yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi pun mampu dihasilkan oleh brokoli.

Manfaat lainnya yang terkandung dari sayur brokoli adalah dapat mengontrol kolesterol, menjaga kesehatan mata, baik untuk menjaga sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun, efektif mencegah kanker, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Mengonsumsi brokoli sangat baik karena akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, baik itu untuk anak-anak, ibu hamil, ataupun manusia pada umumnya. Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai untuk mengonsumsi dan menyukai sayur berbentuk mirip jamur ini.

Hanya saja, Anda harus memerhatikan beberapa hal saat memasak brokoli agar manfaat kandungannya tidak terbuang sia-sia. Sebaiknya brokoli jangan dimasak dengan minyak, jangan juga dimasak terlalu lama. Usahakan untuk langsung memasaknya setelah Anda membeli, jangan disimpan di kulkas terlalu lama. Jika tidak, maka akan mengurangi semua manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Lihat juga manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat saat mengonsumsi telur di sini: 5 Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kesehatan.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH