5 Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kesehatan Ilustrasi (Foto: i.huffpost.com)

Telur merupakan salah satu menu makanan dengan banyak gizi yang cukup lengkap, selain mengandung banyak protein telur juga memiliki karbohidrat dan delapan macam asam amino yang sangat berguna bagi tubuh. Terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan lainnya yang bisa Anda dapat jika mengonsumsi telur.

1. Telur Kaya Akan Nutrisi

Telur memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin E, Vitamin K, zat besi, kalsium, seng (zync), serta beberapa mineral lainnya dalam jumlah yang lebih kecil. Dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral tersebut tentunya megonsumsi telur akan memberikan banyak manfaat uang tidak terbatas bagi tubuh Anda.

2. Telur Menjadi Sumber Protein

Telur adalah sumber makanan yang kaya akan protein, selain kalori dan lemak. Protein adalah blok pembangun penting dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Tubuh juga menggunakan Protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon dan zat kimia tubuh lainnya .

Namun tidak seperti lemak dan karbohidrat, tubuh tidak dapat menyimpan protein. Artinya protein harus selalu didapatkan oleh tubuh setiap hari dari makanan, salah satunya adalah dari telur. Dengan demikian, telur bisa menjadi pengganti yang baik bagi yang sedang mengurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan berlebih.

3. Memberi Kesehatan Otak

Otak merupakan salah satu organ dalam tubuh yang menjadi pusat untuk melakukan tindakan. Seiring dengan pertambahan usia kemampuan otak pun akan mengalami penurunan terlebih jika tidak sering diasah. Menggonsumsi telur rebus setiap harinya akan memberikan dampak yang baik dalam jangka panjang terutama bagi kesehatan otak. Sehingga telur rebus baik untuk memberi kesehatan bagi otak karena ada senyawa bernama choline (kolin) didalamnya.

Kolin adalah nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga berusia lanjut. Kolin berfungsi untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori otak, dan berbagai fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.

4. Telur Baik untuk Kesehatan Mata

Telur mengandung banyak vitamin A yang cukup tinggi. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama menurunnya fungsi penglihatan serta berbagai gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur juga mengandung Lutein and Zeaxanthin, dua antioksidan yang memegang peranan penting dalam kesehatan mata. Antioksidan ini biasanya terkumpul di sekitar retina mata untuk melindungi mata dari berbagai substansi berbahaya. Asupan dua antioksidan tersebut sangat diperlukan, terlepas dari usia Anda, baik anak-anak, orang dewasa, hingga usia lanjut.

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit mematikan nomor dua di Indonesia. Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita namun juga pria hanya saja kaum wanita lebih rentan untuk terserang kanker payudara. Untuk mencegah kanker payudara langkah pertama adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Selain itu sosialisasi kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dirumah dapat membantu Anda mendeteksi keberadaan kanker lebih dini. Karena kanker yang lebih awal diketahui dapat disembuhkan dengan cepat. Berbeda dengan kanker payudara yang sudah diketahui saat memasuki stadium akhir tentu akan sulit untuk diobati. Nah salah satu cara agar terhindar dari kanker Payudar dengan rajin mengonsumsi telur rebus. Karena telur rebus dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara baik untuk wanita ataupun pria.

Nah demikianlah beberapa manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi telur. Lihat juga tips kesehatan dan kecantikan lainnya di sini: 5 Manfaat Sehat Rutin Olahraga Di Pagi Hari.



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH