Bisnis Ikan Hias Pari Tawar, Yanuar Raup Omzet Penjualan Rp9 Juta

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 30 Maret 2016
Bisnis Ikan Hias Pari Tawar, Yanuar Raup Omzet Penjualan Rp9 Juta
Yanuar Santoso meraup keuntungan yang lumayan dari bisnis ikan hiasnya (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Bisnis - Yanuar Santoso Thio merupakan salah satu peternak ikan hias pari tawar. Tak banyak pelaku bisnis ini. Selain karena harga jual per ekornya yang tinggi, masih banyak yang menganggap bahwa ikan pari hanya ada di air laut.

Yanuar mengembangkan bisnis ini dengan lahan 3 kolam bak semen. Masing-masing berukuran 3x5 meter. Tiap kolamnya dihuni pari yang disesuaikan usia. Dari ketiganya, jumlah pari tawar Yanuar mencapai puluhan.

Yanuar mengaku, setiap tiga bulan sekali indukan selalu berkembangbiak. Pemijahannya yang relatif tidak rumit membuat ikan pari tawar selalu melahirkan anak-anak per tiga bulan.

Bisnis ikan hias Pari Tawar banyak diminati pembeli dari pelbagai kota di pulau Jawa (Foto: MP/Fredy Wansyah)

"Sekali melahirkan bisa 3 sampai 4 anak. Tapi saya pernah dapat indukan yang melahirkan terbanyak itu sampe 8 ekor anakan," kata pria yang akrab disapa Yan ini di lapak pemijahan pari tawarnya, Kelurahan Kasepuhan, Cirebon, baru-baru ini.

Yanuar mengembangkan jual beli pari tawar hanya melalui online. Per ekornya, pari tawar hias ini dibanderol dari Rp650.000 hingga jutaan per ekornya. "Pengirimannya via paket. Ke mana aja. Selama ini pembeli saya ada dari Bekasi dan Yogyakarta," katanya.

Omzet penjualannya bisa mencapai Rp9.000.000. Omzet ini dalam sekali jual untuk pembelian partai besar. Bahkan, ia pernah menjual seekor pari termahal Rp5.000.000. "Yang beli penghobi dari Tangerang," paparnya.(fre)

BACA JUGA:

  1. Hassa Batik: Corak Cerah dan Bisa Order Seusai Selera
  2. Sukses dari Eceng Gondok
  3. Eceng Gondok Jadi Aneka Produk Anyaman
  4. Ieko Damayanti Ratu Anyaman Eceng Gondok
  5. Prospek Bisnis Kerajinan Anyaman Eceng Gondok
#Cirebon Jawa Barat #Bisnis Ikan Hias #Pari Tawar #Ikan Hias
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan