Berpantun Ria dalam Lagu Sumsel Cuk Mak Ilang

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 03 April 2016
Berpantun Ria dalam Lagu Sumsel Cuk Mak Ilang
Lagu daerah Sumatera Selatan Cuk Mak Ilang. (Foto: Screenshot)

MerahPutih Budaya - Salah satu lagu terkenal dari Palembang, Sumatera Selatan yaitu berjudul "Cuk Mak Ilang". Lagu ini dinyanyikan dengan asyik dengan nada lagu riang. Lagu Cuk Mak Ilang juga sangat kental nuansa daerah karena menyelipkan nama-nama daerah dalam lirik-lirik pantunnya.

Lagu Cuk Mak Ilang tidak diketahui penciptanya atau anonim. Selain disebut Cuk Mak Ilang, ada juga yang menyebut Cup Mak Ilang. Seperti halnya lagu-lagu daerah lawas atau lagu Melayu lama, banyak lagu dibikin dalam bentuk puisi lama jenis pantun. Lagu Cak Mano Ilang juga berbentuk pantun. Banyak versi lagu ini dengan berbagai pantun sesuai dengan tema pantun yang akan dibawakan.

Lagu Cak Mak Ilang di antaranya menggambarkan tentang pantun-pantu percintaan anak muda. Lagu ini menceritakan tentang perasaan-perasaan cinta. Ketika mendengar lagu ini, seolah segala curahan hati si pelantun tersampaikan dengan irama lagu menggembirakan.

Meski memiliki lirik pantun berbeda tergantung tema pantun, ada satu pantun yang menjadi induk lirik lagu sesuai judul "Cuk (Cup) Mak Ilang" yaitu cuk mak ilang, mak ilang jaga batu, di mano koceng belang, di situ rumah aku. Lagu dimulai dengan pantun tersebut kemudian diseling dengan pantun lain, lalu dinyanyikan pantun induk itu lagi. Pantun induk ini semacam pantun pengingat nada sehingga semakin panjang pantun dibawakan maka pantun induk ini akan terus terulang-ulang.

Lagu ini kental dengan bahasa Melayu. Banyak pantun dibawakan dengan bahasa Melayu sehingga lebih mudah dipahami. Sementara itu, bait cak mak ilang dan mak ilang jaga batu menjadi cangkang, sedangkan isinya berarti di mana ada kucing belang, di situ rumahku.

Lagu daerah mengingatkan kita pada kehidupan masa lalu. Dengan nada lagu sendu atau riang menyiratkan cara pandang terhadap segala sesuatu. Lagu Cak Mak Ilang biasa menggambarkan tentang percintaan, dan berpantun menjadi salah satu ekspresi perasaan cinta tersebut, baik senang maupun dalam keadaan sedih.


Berikut salah satu lirik lagu Cak Mak Ilang;

Cuk mak ilang
Mak ilang jaga batu
Dimano koceng belang
Disitu rumah aku (2X)

Kain songkek dari Palembang
Dipakai orang dari seberang
Hai dak mano hati dak bimbang
Karena pacar diambil orang

Cuk mak ilang
Mak ilang jaga batu
Dimano koceng belang
Disitu rumah aku (2X)

Kapal api masok pelembang
Banyu tenang jadi gelumbang
Oi makmano ati dak bimbang
Gades doson bujang pelembang

Cuk mak ilang
Mak ilang jaga batu
Dimano koceng belang
Disitu rumah aku (2X)

Buah dukuh buah rambutan
Masak si biji di dalam hutan
Hatiku rindu bukan buatan
Seperti paku nempel di papan


BACA JUGA:

  1. Ajakan Melestarikan Adat Lampung dalam Lagu Cenggat Agung
  2. Lagu Cik Cik Periuk, Gambaran Sosial Masyarakat Kalbar Dahulu
  3. Lagu Aceh Bungong Jeumpa Seindah Bunga Cempaka
  4. Lagu Buka Pintu dari Maluku, Sedih tapi Lucu
  5. Lagu "Halo-Halo Bandung" Terilhami Peristiwa BLA
#Lagu Daerah #Palembang #Sumatera Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan