Amankan Natal, Ini yang Bakal Dilakukan TNI

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 19 Desember 2015
Amankan Natal, Ini yang Bakal Dilakukan TNI
Sejumlah prajurit TNI. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadng

MerahPutih Nasional - Hari besar keagamaan biasanya menjadi konsen pemerintah untuk menjaga keamanan nasional. Pasalnya, pada hari tersebut konflik antara agama sering bermunculan di berbagai daerah.

Atas dasar tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan TNI telah mempersiapkan seluruh personelnya untuk mengamankan jalannya Natal.

"Kita tidak bisa mengatakan jumlahnya sekian. Semua TNI yang ada di wilayah mereka semua siap," ucap Gatot usai acara Rapim TNI 2016 di Mabes TNI, cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (18/12).

Selain itu, TNI juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan BIN dalam mendapatkan informasi. Menurutnya informasi sekecil apapun akan sangat berguna terlebih terdapat ancaman yang dilakukan ISIS di wilayah Provinsi Banten beberapa waktu lalu.

"Pertama yang kita lakukan adalah koordinasi antara aparat intelejen bekerja sama dengan kepolisian dan juga BIN. Segala informasi apapun juga dikordinasikan dengan bersama-sama sehingga informasi tidak simpang siur," ujar Gatot.

Meskipun terdapat beberapa daerah di Indonesia yang dinilai rawan konflik saat Natal, TNI tidak akan berkonsentrasi di wilayah tersebut.

"Jadi seperti yang disampaikan kemarin, Bekasi, Depok, Jawa timur tempat-tempat ini. Tetapi kita tidak hanya berkonsentrasi disitu. Bisa aja informasi itu untuk penyesatan. Kita sudah siap di semua daerah," katanya.

Terakhir, Gatot Melanjutkan dirinya juga menghimbau kepada masyarakat terutama organisasi kepemudaan islam untuk membantu mengamankan tempat-tempat ibadah.

"Yang kedua kita menghimbau kepada masyarakat khususnya organisasi kepemudaan islam untuk daerah lain hindu yang ada di Bali untuk mengamankan tempat ibadah gereja dan senang hati beberapa organisasi pemuda sudah siap. Ini kan bagus sekali," tutupnya. (Yni)

Baca juga:

  1. Tahun 2016, TNI Prioritaskan Perbatasan
  2. Ini Kata Panglima TNI Usai PSI TNI Bungkam Surabaya United
  3. Bentrok dengan Polisi, Panglima TNI Minta Semua Prajurit TNI Tetap Tenang
  4. TNI-Polri Bentrok di Lubuklinggau, Ini Penjelasan Panglima TNI
  5. Panglima TNI Tinjau Kesiapan Kapal Perang di Surabaya
#Panglima TNI #Gatot Nurmantyo #Gatot Nurmantyo #Pengamanan Natal 2014 #Natal
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan