Air Terjun Kedung Pedut, Nikmatnya Sensasi Mandi di Antara Tebing Kapur

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 12 Februari 2016
Air Terjun Kedung Pedut, Nikmatnya Sensasi Mandi di Antara Tebing Kapur
Air terjun Kedung Pedut di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta. (Foto MerahPutih/Fredy)

MerahPutih Wisata - Air terjun Kedung Pedut merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Posisinya persis di bawah kawasan air terjun Kembang Soka. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer.

Keunikan air terjun Kedung Pedut terletak pada kawah-kawah kecil. Kawah-kawah kecil tersebut dinamakan kedung, yakni Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes. Di kawah-kawah tersebut pengunjung diperkenankan mandi sepuasnya. Kedalamannya bervariasi, dari setengah meter hingga 1,5 meter. Sementara di sekelilingnya terdapat hamparan air terjun, dari ketinggiaan 3 meter hingga 15 meter.

Kedung andalan di sini ialah Kedung Wedok. Warga sekitar menyebut kedung tersebut dengan Kedung Pedut. Luas hamparan kolamnya merupakan paling luas di antara kedung-kedung lainnya. Ketinggian air terjun kedung ini pun tertinggi di antara yang lainnya, mencapai 15 meter.

Di kedung itu pula pengunjung menjadikannya sebagai water canyon. Sensasinya dinginnya air dan hamparan tebing-tebing batuan kapur membuat kenikmatan bermandi semakin terpuaskan.

Tak hanya itu, keunikan lainnya, saat debit air tinggi deretan kedung-kedung tersebut memberi panorama indah. Pasalnya, dilihat dari ketinggian, air di kedung-kedung tersebut seolah terdiri dari dua warna. Beberapa kedung tampak agak kehijau-hijauan, sementara yang lainnya tampak agak kebiruan. Semua itu karena pantulan cahaya matahari dan hijaunya tebing.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang berada di Desa Jatimulyo, di kawasan air terjun Kedung Pedut ini pengunjung bisa menikmati flying fox dan climbing. Kelompok masyarakat pengelola kawasan air terjun Kedung Pedut atau Pokdarwis Kedung Pedut, menyediakan kedua permaianan alam tersebut. "Biaya climbing tergantung sama instrukturnya. Kalau flyingfox Rp15.000 untuk dua kali meluncur," papar Fauzan, salah satu anggota Pokdarwis Kedung Pedut, di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta, saat berbincang dengan merahputih.com, pekan lalu. (fre)

BACA JUGA:

  1. Waktu yang Tepat Mengunjungi Air Terjun
  2. Legenda di Balik Keindahan Pulau Samosir
  3. Air Terjun Kembang Soka Pesona Alam Kulon Progo
  4. Sejak Dibuka 2015, Keasrian Air Terjun Setawing Sedot Wisatawan
  5. Kecantikan Puteri Samudera di Pantai Watu Karang Pacitan
#Yogyakarta #Air Terjun #Air Terjun Kedung Pedut
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan