\r\n

BACA JUGA:

\r\n
  1. Laksamana Malahayati Singa Perang yang Lihai Berdiplomasi
  2. \r\n
  3. Laksamana Malahayati, Wanita Penguasa Selat Malaka
  4. \r\n
  5. Mengungkap Sosok Wanita Hebat di Belakang Pangeran Diponegoro
  6. \r\n
  7. Penyair Perempuan Rayakan Hari Kartini dengan Puisi di Tembi
  8. \r\n
  9. Perlawanan Terakhir Srikandi Nusa Laut, Martha Christina Tiahahu
  10. \r\n
","publisher":{"@type":"Organization","logo":{"@type":"ImageObject","url":"https://merahputih.com/themes/2022/img/logo/shortcut-icon.png","width":192,"height":60},"name":"MerahPutih"},"mainEntityOfPage":"https://merahputih.com/post/read/5-fakta-mengejutkan-tentang-kartini","name":"5-Fakta-Mengejutkan-Tentang-Kartini","url":"https://merahputih.com/post/read/5-fakta-mengejutkan-tentang-kartini","dateCreated":"2016-04-21T02:18:29+07:00"}

5 Fakta Mengejutkan Tentang Kartini

Ana AmaliaAna Amalia - Kamis, 21 April 2016
5 Fakta Mengejutkan Tentang Kartini
Peringatan Hari Kartini. (Sumber gambar: kemdikbud.go.id)

MerahPutih Nasional - Raden Ajeng Kartini atau R A Kartini menjadi salah satu pahlawan Nasional yang namanya selalu dikenang hingga saat ini, bahkan setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

Kartini dikenal sebagai seorang perempuan Jawa yang menggerakan emansipasi wanita, Kartini banyak membuat tulisan di berbagai media cetak dan melalui surat-suratnya yang ia kirim pada sahabatnya di negeri Belanda, dari surat itulah lahir sebuah buku berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Tapi sudah tahukah Anda tentang sosok pribadi Kartini dan kehidupannya? Ada beberapa fakta menarik mengenai kehidupan Kartini, seperti namanya dijadikan sebagai nama jalan di Belanda, Kartini meninggal di usia muda, dan beberapa fakta menarik lainnya, penasaran? yuk tonton videonya:

BACA JUGA:

  1. Laksamana Malahayati Singa Perang yang Lihai Berdiplomasi
  2. Laksamana Malahayati, Wanita Penguasa Selat Malaka
  3. Mengungkap Sosok Wanita Hebat di Belakang Pangeran Diponegoro
  4. Penyair Perempuan Rayakan Hari Kartini dengan Puisi di Tembi
  5. Perlawanan Terakhir Srikandi Nusa Laut, Martha Christina Tiahahu
#R.A Kartini
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan