Zumi Zola Klaim Penyitaan Uang Oleh KPK Salah Alamat Gubernur Jambi Zumi Zola (foto: instagram/zumizola)

MerahPutih.com - Kuasa hukum Gubernur Jambi Zumi Zola, Muhammad Farizi mengatakan, bahwa uang yang disita KPK dari hasil penggeledahan bukanlah hasil suap. Ia mengklaim, uang yang disimpan Zumi di rumah yang berada di kawasan Tanjung Jabung Timur itu merupakan milik keluarga.

"Itu ada brangkas-brangkas punya keluarga besar, nanti kita cek yang disita itu yang mana baru bisa kita tahu," kata Farizi di Gedung Ariobimo Sentral, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/2).

Penyidik KPK melakukan penggeledahan di tiga lokasi yakni, di rumah dinas Gubernur Jambi, dan vila milik keluarga Zumi Zola, serta rumah seorang saksi di Kota Jambi. Dari hasil penggeledahan, KPK menyita brankas berisi uang dengan pecahan Dollar Amerika Serikat.

Menurut Farizi, rumah pribadi Zumi di Tanjung Jabung Timur bukanlah hasil dari suap selama menjabat sebagai Gubernur Jambi. Rumah itu, kata dia adalah milik orang tua Zumi Zola.

"Zumi Zola belum jadi (Gubernur) dan hasilkan duit barang itu sudah ada. Kalau yang di Tanjung Jabung itu dari orang tuanya jaman dulu," ungkapnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Zumi dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan sebagai tersangka penerimaan gratifikasi dari sejumlah proyek di Provinsi Jambi.

KPK menduga Zumi bersama Arfan menerima uang sejumlah 6 miliar dari para kontraktor yang menggarap proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.

Uang itu disinyalir yang disalurkan kepada anggota DPRD Jambi sebagai uang ketok pengesahan rancangan APBD Jambi tahun anggaran 2018. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH