Zumi Zola Kesal dan Siap Kejar Pelaku Pembakar Hutan Gubenur Jambi Zumi Zola (Foto: Antara/Rifki)

MerahPutih.Com - Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah pulau Sumatera membuat geram Gubernur Jambi, Zumi Zola. Zumi Zola menegaskan dirinya akan bertindak tegas kepada para pelaku pembakar hutan.

Dalam keterangannya kepada awak media, Zumi Zola meminta pelaku pembakar hutan dan lahan ditindak tegas agar menimbulkan efek jera.

"Kita selalu berkoordinasi dengan BNPB dan pak Danrem selaku Danstagas Karhutla Jambi agar penindakan bukan hanya oknum saja, namun yang dibelakangnya juga ditindak," kata Zumi Zola di Jambi, Senin (7/8).

Zumi Zola mengatakan semua pihak harus waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Pasalnya ini bukan hanya terjadi di Jambi saja, tetapi provinsi tetangga juga sudah kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Saya juga terus berkomunikasi dengan Danrem, saya pertanyakan dimana titik api yang terbaca oleh satelit, kita datangi. Setelah di cek beberapa diantaranya ada yang masuk wilayah provinsi tetangga. Artinya apa, kita betul-betul tidak ingin ada kebakaran lahan dan hutan," tegas Zola.

Menurut Zumi Zola, dengan adanya bantuan empat helikopter bantuan BNPB, titik api yang terpantau dapat ditanggulangi.

Zola juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan pembakaran ketika membuka lahan.

Dansatgas Karhutla Jambi yang juga Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Refrizal mengatakan sudah ada tiga orang yang ditangkap dan diproses dalam kejadian terbakarnya lahan di area PT Alam Bukit Tigapuluh (AB) yang berada di Kabupaten Tebo.

Ia memastikan tidak ada tebang pilih dalam melakukan penindakan. "Itu sedang diproses, ada tiga yang ditangkap. Sekarang masih diproses hukum," kata Danrem. (*)

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

YOU MAY ALSO LIKE