Zulhas Ultimatum Pedagang Timbun Bahan Pokok Jelang Lebaran

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 05 April 2023
Zulhas Ultimatum Pedagang Timbun Bahan Pokok Jelang Lebaran
Mendag Zulkifi Hasan saat acara Bazar Ramadan 2023 di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (5/4). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Momentum puasa hingga Idul Fitri acap kali dimanfaatkan segelintir orang melakukan penimbunan bahan pokok, yang berimbas pada kelangkaan dan harga melonjak.

Mengatasi persoalan tersebut, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifi Hasan (Zulhas) mengultimatum pedagang untuk tidak bermain curang dengan menimbun bahan pokok menjelang Lebaran. Bila berani lakukan kejahatan itu, bakal ditindak tegas oleh Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

Pemerintah telah membentuk Satgas Pangan yang terdiri dari Kemendag dan Polri. Satgas ini didirikan untuk mengantisipasi adanya mafia pangan dan untuk menekan harga pada jelang Lebaran.

Baca Juga:

Jokowi Ungkap Harga Kebutuhan Pokok di Jakarta Menurun Jelang Lebaran

Bila pedagang nakal dengan nekat menimbun, Satgas tak segan-segan akan menindak dengan menyita barang yang ditimbun.

"Hati-hati kalau ada yang nimbun-nimbun, bisa barangnya langsung disita sama Satgas," kata Zulhas di acara Bazar Ramadan 2023 di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (5/4).

Baca Juga:

Pj DKI 1 Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran

Ketua MPR periode 2014-2019 ini menegaskan, pihaknya tak mempermasalahkan pedagang menaikan harga pangan menjelang Lebaran. Tapi, kenaikan pangan tersebut dengan angka yang wajar dan tidak memberatkan masyarakat.

"Jadi kita minta ambil untung oke yang wajar, tapi sampai rekayasa, sampai nimbun barang, hati-hati nanti disita sama Satgas, barangnya diambil," paparnya. (Asp)

Baca Juga:

Polisi Pilih Opsi Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Saat Arus Mudik Lebaran

#Zulkifli Hasan #Harga Bakso Naik
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan