Zona Hijau, Daerah di Jabar Bisa Mulai Simulasi Masuk Sekolah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan Kota Sukabumi menjadi satu-satunya Zona Hijau (Level 1) dalam leveling kewaspadaan COVID-19 oleh Gugus Tugas Jabar. Dengan kondisi tersebut, pemerintah daerah sudah bisa melakukan persiapan dan simulasi kegiatan belajar di sekolah.

Gubernur Jawa Bara Ridwan Kamil menegaskan, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar menentukan level kewaspadaan masing-masing daerah melalui kajian ilmiah berdasarkan sembilan indeks, di antaranya laju ODP, PDP, risiko geografis, dan angka reproduksi efektif (Rt) COVID-19.

Baca Juga:

Mulai Besok, Pemprov DKI Larang Pengunaan Kantong Plastik di Pasar

Ia menegaskan, apaila sudah dinyatakan zona hijau, seluruh kegiatan perekonomian boleh dibuka 100 persen, termasuk kegiatan di sekolah secara fisik. Pemerintah Daerah diizinkan, menyiapkan protokol kesehatan di sekolah dan menyimulasikan bersama gugus tugas.

Tetapi, Gubernur mengingatkan pemerintah daerah Kota Sukabumi harus menyiapkan protokol ketat demi melindungi anak ketika sekolah karena anak merupakan aset.

"Momen penting di pandemi COVID-19, yaitu kita menyadari ternyata aset penting kemanusiaan adalah keluarga dan anak-anak," katanya. (Mauritz/Jawa Barat)

Baca Juga:

Ini Sejumlah Menteri yang "Tak Bisa Tidur" Gegara Gertakan Jokowi



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH