Zohri Cedera, Batal Tampil di Final 100 Meter SEA Games 2023

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 12 Mei 2023
Zohri Cedera, Batal Tampil di Final 100 Meter SEA Games 2023
Lalu Muhammad Zohri (tengah). (Foto: Dok NOC)

MerahPutih.com - Sprinter kebangaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri terpaksa absen di nomor lari 100 meter, yang jadi spesialisasinya, di SEA Games 2023 Kamboja.

Berdasarkan informasi yang diterima, Zohri mengalami cedera saat sedang menjalani pemanasan jelang tampil di nomor 200 meter, yang menjadi nomor pembukanya di SEA Games 2023, Senin (8/5).

Namun, dengan dukungan motivasi dari ofisial pelatih dan rekan-rekan di tim nasional atletik, atlet asal Lombok itu tetap bertekad untuk tampil di nomor estafet 4x100 meter.

Baca Juga:

Lalu Muhammad Zohri Bangga Akhiri Puasa Emas 12 Tahun di SEA Games

Hasilnya, Zohri yang lari bersama dengan Bayu Kertanegara, Wahyu Setiawan, dan Sudirman Hadi berhasil meraih medali emas usai mencatatkan waktu 39,11 detik.

Zohri mengalahkan Thailand yang dikenal sebagai raja estafet 4x100 meter putra di lima edisi SEA Games terakhir.

Capaian itu membawa Zohri kembali mencetak namanya dalam sejarah. Sebab, medali emas di nomor atletik estafet 4x100 meter putra sejak terakhir kali diraih Tim Indonesia pada SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang.

Usai mendapatkan medali emas di estafet, Zohri juga diproyeksikan lagi untuk tampil di nomor 100 meter.

Ia juga ditarget untuk membawa pulang medali emas, sebelum akhirnya cedera membuat Zohri terpaksa mundur setelah finis kedua dengan catatan waktu 10,56 detik di heat pada Jumat (12/5) pagi.

“Quadriceps atau otot paha depan ketarik. Tadi pas sedang lari di heat 100 meter dia kena lagi, ketarik lagi,” kata Eni Nuraini, Kepala Pelatih nomor sprint PB PASI, Jumat (12/5).

Menurut Eni, sebenarnya Zohri juga masuk final.

"Tapi karena kita takut cederanya lebih parah jadi mending tidak ikut saja nanti di final. Sebab beberapa bulan lagi mau ada Asian Games, takut nanti recovery-nya jadi lebih lama,” jelasnya.

Baca Juga:

Maria Londa dan Zohri dkk Sumbang Medali Emas

Eni menjelaskan, kondisi Zohri langsung sudah ditangani oleh dua dokter PB PASI yang ikut dalam kontingen.

“Sudah dikompres es batu dan tadi juga sudah ditusuk jarum. Sayang memang, tapi kan ada yang lebih penting, Asian Games dan kualifikasi Olimpiade yang juga jadi tujuan dan target,” imbuh Eni.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim mengaku telah mendengar kabar cedera dari Zohri.

Namun, ia juga menghargai keputusan dari tim pelatih untuk tidak menurunkan Zohri di final 100 meter putra.

“Ada kepentingan yang lebih besar, si atlet itu sendiri, dan tentunya ada prestasi terbaik yang harus dan dapat dicapai Zohri di kemudian hari. Jadi mundur selangkah untuk lari seribu langkah ke depan,” tutup CdM Lexy. (Knu)

Baca Juga:

Debut di Nomor 200 Meter Putra, Lalu Muhammad Zohri Rebut Perunggu

#Lalu Muhammad Zohri #SEA Games #SEA Games 2023
Bagikan
Bagikan