@Zaynmalieq Nge-Shift Perdana di Gerakan Barista Asuh, Respon Customer Luar Biasa @Zaynmalieq kali pertama nge-shift di gerakan barista asuh.

A Tale of Two Coffee Beans (TCB) sudah menjalankan gerakan Barista Asuh. Sejak Sabtu (2/5), coffee shop yang terletak di Ruko Scientia Residence, Gading Serpong, Tangerang itu sudah mengangkat satu Barista Asuh.

Barista yang jadi anak asuh di TCB adalah Zenal Abidin. MerahPutih.com sempat mewawancarainya usai menyelesaikan satu shift perdananya yang diberikan TCB.

Barista pemilik akun instagram @zaynmalieq itu mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti gerakan Barista Asuh yang digagas Indonesia Guild of Indonesia (BGI), @mas_fotokopi dan MerahPutih.com ini.

Menurutnya, di hari perdana dia nge-shift di TCB, respon para customernya bisa dibilang luar biasa. Ia dapat merasakan langsung respon dan apresiasi positif. Terbukti ada beberapa customer yang rela mampir jauh-jauh ke TCB untuk membeli kopi sekaligus memberikan support pada dirinya. “Saya juga mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya buat para customer yang sudah men-support saya dan program Barista Asuh ini,” kata Zenal.

zaynmalieq
@zaynmalieq

Pria 28 tahun tersebut merupakan Store Manager salah satu coffee shop di bilangan Kuningan, Jakarta. Namun semenjak pandemi COVID-19 dan anjuran PSBB pemerintah, tempatnya bekerja dengan berat hati harus menutup sementara dan merumahkan beberapa karyawannya. Termasuk Zenal.

Beruntung, Zenal adalah salah satu karyawan yang mendapat rekomendasi dari pihak perusahaan untuk ambil bagian dalam program Barista Asuh. Setelah mendapat rekomendasi, dia selanjutnya harus melalui proses penyaringan yang diatur oleh BGI agar tepat sasaran.

Ia menambahkan kalau respon yang diberikan oleh pihak penyelenggara cukup cepat. Tak lama setelah membereskan beberapa syarat seperti pengisian form dan lainnya, dia langsung dikontak pihak A Tale of Two Coffee Beans.

barista asuh

Perlu diketahui program BaristaAsuh bertujuan untuk memberi support, menumbuhkan semangat dan memberi kesempatan untuk terus mengasah keterampilan untuk para barista korban PHK maupun yang dirumahkan.

Baca Juga:

Barista Asuh, Bukti Industri Kopi tak Pernah Cengen dan Mengeluh

“Saya memang butuh pemasukan, kebetulan semenjak dirumahkan sementara, pendapatan saya berkurang,” terang Zenal kepada MerahPutih.com. Perasaannya sangat senang dapat turut serta dalam program ini. “Saya dukung banget, karena masih banyak yang ingin ikutan,” tuturnya.

Zenal berharap gerakan ini bisa terus berjalan agar teman-teman seprofesi yang dirumahkan atau PHK bisa bekerja kembali. Menurutnya, gerakan ini membuktikan bahwa industri kopi di Tanah Air tak pernah menyerah. Mereka tidak cengeng bahkan tetap bersama berjuang dalam kondisi pandemi.

George Gani, salah satu pelaku industri pemilik coffee shop juga sangat mendukung dan ambil bagian dalam gerakan Barista Asuh ini.

“Saya kecewa dengan segelintir orang yang sebenarnya punya kapasitas untuk memberikan support untuk menolong industrinya, namun kenyataannya tidak ada andil apapun,” jelas George.

Ia juga menambahkan banyak dari mereka hanya sibuk mengeritik pemerintah, tanpa bisa menolong lewat hal-hal yang sederhana. Salah satunya menolong circle terdekat dari industri mereka.

Selain itu menurutnya, para pemilik usaha sudah sepantasnya lebih memikirkan customer dan nasib karyawan daripada nasib perusahaannya sendiri.

Konsep di Barista Asuh adalah untuk saling tolong menolong. Alangkah indahnya jika sebuah coffee shop bisa menawarkan diri membantu coffee shop lain yang terdampak COVID-19 dengan ‘mengasuh’ karyawannya. “Dengan membantu orang disekitar sudah lebih dari cukup, tanpa perlu berangan-angan ingin membuat dunia bahagia,” kata dia.

a tale of two coffee beans
Ilustrasi A Tale of Two Coffee Beans

Ia juga memaparkan harapannya agar lewat Barista Asuh, pelaku-pelaku industri lain di luar industri bisa mencontoh kampanye ini.

Baca Juga:

35 Coffee Shop Siap Ikut Gerakan Barista Asuh

Tidak ketinggalan dia juga mengapresiasi respon yang diberikan oleh para customer. Banyak pecinta kopi begitu sangat berantusias dengan gerakan ini.

“Mereka mendukung program ini dengan cara membeli segelas cappuccino seharga Rp 35 ribu sebagai bentuk menolong para baristanya,” kata salah satu pemilik TCB ini. (lgi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menu Olahan Daging Inspirasi Masak di Hari Raya Idul Adha
Kuliner
Menu Olahan Daging Inspirasi Masak di Hari Raya Idul Adha

Nah, kamu mungkin bisa masak sendiri di rumah beberapa masakan olahan daging di bawah ini.

Mengenal Tempat Wisata Danau Bedugul di Bali
Travel
Mengenal Tempat Wisata Danau Bedugul di Bali

ada tempat wisata di Bali yang mungkin belum diketahui banyak orang. Namanya Danau Beratan/Bratan Bedugul. Warga setempat biasa menyebutnya Danau Bedugul.

Cocok untuk Pemula, Simak Tips Mendaki Gunung Prau
Travel
Cocok untuk Pemula, Simak Tips Mendaki Gunung Prau

Mendaki gunung ternyata enggak bisa sembarangan.

Disangka Pasukan Angkatan Udara Inggris, Arek Suroboyo Malah Menembaki Pesawat Sukarno
Indonesiaku
Sederet Pameran di Museum MACAN Sepanjang Tahun 2020
Travel
Sederet Pameran di Museum MACAN Sepanjang Tahun 2020

Program tahun 2020 akan dibuka dengan pameran video masif bertajuk Manifesto pada Februari – Mei 2020

Kaladama, Tahu Gejrot ala Cirebon Timur
Kuliner
Spot Wisata Menawan di Pulau Tidore, Dijamin Memanjakan Mata
Travel
Spot Wisata Menawan di Pulau Tidore, Dijamin Memanjakan Mata

Tempat-tempat menarik yang wajib diketahui pelancong di Timur Indonesia.

Kucek Sejarah Sabun Colek Merek Pesawat Pengebom Hiroshima B29
Indonesiaku
Kucek Sejarah Sabun Colek Merek Pesawat Pengebom Hiroshima B29

Sabun B29, menurut Taufiqurrohman merupakan sabun Indonesia pertama nanti berhasil dijual secara berkala di negara-negara Afrika.

Resep Nasi Goreng Sushi untuk Ramadan di Rumah Aja
Kuliner
Resep Nasi Goreng Sushi untuk Ramadan di Rumah Aja

Yuk simak resep nasi goreng sushi bumbu kecap

Lakon Hidup Jack John, Robot Gagap Enam Juta Dollar Berharta Sepeser
Indonesiaku
Lakon Hidup Jack John, Robot Gagap Enam Juta Dollar Berharta Sepeser

Tak heran bila musuh bebuyutan Spion Enam Juta diperankan Dono pada film Manusia 6.000.000 Dollar usungan Warkop DKI itu dinamakan Robot.