Zara Rutherford, Perempuan Termuda yang akan Terbang Solo Keliling Dunia Zara Rutherford mengumumkan rencana pemecahan rekor di lapangan terbang Popham dekat Winchester, Inggis. (Foto: theguardian.com)

PEREMPUAN berusia 19 tahun mengumumkan proyek gap year-nya untuk menjadi perempuan termuda yang terbang solo keliling dunia.

Zara Rutherford, yang memiliki kewarganegaraan Inggris dan Belgia, akan berangkat dari kota asalnya di Brussel bulan depan untuk perjalanan terbang keliling dunia yang akan memakan waktu hingga tiga bulan.

Baca Juga:

Ziplock Berisi Udara dari Listening Party Kanye West Dijual Rp 48 Juta

solo
Perempuan asal Brussel ini bulan depan akan melakukan perjalanan keliling dalam waktu tiga bulan. (Foto: insideedition.com)

Pelajar sekolah St Swithun di Winchester, Hampshire, mengikuti jejak orangtuanya, yang keduanya pilot. Dia mengumumkan rencana pemecahan rekor di lapangan terbang Popham dekat Winchester, Inggis.

Dia mengatakan kepada kantor berita PA (26/7), “Tantangan terbesar adalah tempat-tempat terpencil seperti Rusia utara atau Greenland, tidak banyak orang yang tinggal di sana jadi jika terjadi kesalahan, saya akan berada dalam situasi yang agak canggung. Saya sedikit gugup dan bersemangat, terkadang keduanya."

“Seluruh keluarga pilot, jadi saya telah terbang sepanjang hidup dan saya memulai pelatihan formal ketika berusia 14 tahun, dan saya mendapatkan lisensi saya tahun lalu. Orangtua saya sepenuhnya setuju. Ibuku beberapa kali diyakinkan tapi dia akhirnya setuju. Ayah saya sangat mendukung dan membantu logistik.”

Rutherford akan menerbangkan Shark ultralight, pesawat olahraga ringan tercepat di dunia, untuk upaya rekor yang didanai sendiri. Kursi cadangan telah dilepas untuk menampung tangki bahan bakar tambahan dan untuk menghindari keraguan akan adanya orang lain yang terbang bersamanya.

Pemegang rekor perempuan saat ini adalah Shaesta Waiz dari Amerika, yang berusia 30 tahun saat mengelilingi bumi pada tahun 2017, sedangkan pemegang rekor pria termuda berusia 18 tahun.

Baca Juga:

Penjelasan Psikologis Mengapa Kita Tidak Berhenti Cek Pesan Singkat

solo
Zara Rutherford bersama pesawat ultralight Shark di lapangan terbang Popham di Winchester, Hampshire. (Foto: reuters.com)

Rutherford, yang ingin belajar ilmu komputer atau teknik elektro dan yang berambisi menjadi astronot mengatakan, “Awalnya, saya berencana untuk terbang keliling dunia sebagai petualangan selama gap year, tanpa menyadari bahwa saya akan menjadi perempuan termuda yang melakukannya jika berhasil."

“Baru ketika saya mulai meneliti lebih banyak, saya menyadari bahwa bisa menjadi perempuan Belgia pertama dan perempuan termuda yang sendirian mengelilingi dunia. Saya berharap bisa membuat lebih banyak gadis tertarik pada penerbangan,” dia menambahkan.

Rute tersebut akan membawanya melintasi Atlantik, melewati Greenland, Kanada dan Amerika Selatan, hingga Alaska, lalu menyeberang ke Rusia dan Indonesia sebelum kembali ke Eropa.

Dia berkata, "Rute telah dipilih untuk memenuhi persyaratan Guinness World Records untuk menjadi 'penerbangan keliling dunia'. Rute saat ini mengambil di 52 negara dan melintasi khatulistiwa dua kali."

“Saya sangat senang dengan rute ini dan tidak sabar. Akan ada banyak tantangan dalam perjalanan, tetapi mengalami semua budaya ini, dan makanan mereka, akan luar biasa dan sepadan. Saya sangat menantikan Amerika Selatan dan Greenland,” demikian Rutherford yang bermaksud untuk memulai perjalannya pada 11 Agustus. (aru)

Baca Juga:

Bukan Hal Mustahil, Kini Kamu Bisa Belajar Bareng Idola Kpop

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Artefak Bernilai Miliaran Rupiah Dicuri dari Kastel Arundel Inggris
Fun
Artefak Bernilai Miliaran Rupiah Dicuri dari Kastel Arundel Inggris

Seseorang keluar dari Kastel Arundel bukan sebagai wisatawan, melainkan pencuri sejumlah artefak berharga.

Nokia Smartphone Paling Terpercaya?
Fun
Nokia Smartphone Paling Terpercaya?

Apa benar Nokia mengalahkan brand Smartphone sekelas Samsung dan Apple.

Mengenal Dessert Unik Nan Fancy di Journey To The South
Fun
Mengenal Dessert Unik Nan Fancy di Journey To The South

Chef Ronald menjelaskan tentang dua dessert unggulan hasil racikannya. Semuanya bisa kamu nikmati di JTTS.

Angkat Sisi Kelam Teknologi, 4 Film dan Serial Netflix ini Wajib Masuk Daftar Tonton
Fun
Museum Bob Dylan Dibangun di Tulsa, Oklahoma
ShowBiz
Museum Bob Dylan Dibangun di Tulsa, Oklahoma

Museum yang mengungkapkan secara keseluruhan dunia Bob Dylan.

Catat, ini Tanggal Perilisan Film Dokumentar 'Oasis Knebworth 1996'
ShowBiz
Catat, ini Tanggal Perilisan Film Dokumentar 'Oasis Knebworth 1996'

Band rock asal Inggris itu telah mengumumkan tangga perilisan film dokumenternya bertajuk Oasis Knebworth 1996.

Tampil Pamungkas di 'Running Man', Lee Kwang-soo Jadi Primadona
ShowBiz
Konsep macOS Mengagumkan dengan Teknologi AR
Fun
Konsep macOS Mengagumkan dengan Teknologi AR

Seorang desainer membuat konsep macOS masa depan yang sangat mengagumkan seperti di film Minority Report

Para Selebritas Ini Rayakan Pride Month dengan Melela
Fun
Para Selebritas Ini Rayakan Pride Month dengan Melela

Para selebritas berterus terang tentang orientasi seksualnya.