Zakat, Infaq dan Sadaqah Selama Puasa Naik Signifikan, Hampir Tembus Rp 100 Miliar Ilustrasi penyaluran zakat (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Merahputih.com - Dompet Dhuafa mencatat kinerja penghimpunan zakat, infaq dan sadaqah pada Ramadan 1439 Hijriyah tercatat Rp94,8 miliar atau mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya.

"Ini kesyukuran kita dalam mengidentifikasi sosialisasi pengetahuan tentang zakat, infaq, sadaqah dan ajakan dalam membangun kesadaran kesejahteraan sesama di bulan Ramadhan," ucap Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Bambang Suherman dalam keterangan tertulis, Jumat (15/6).

Dikatakannya, berzakat merupakan kewajiban manusia dalam ikthiar untuk bentangkan kebaikan dengan diikuti gaya hidup masyarakat Indonesia terkenal dengan berzakat atau berderma ke sesama. Dompet Dhuafa berkomitmen untuk menunjukkan sebuah pola pengelolaan zakat yang tidak hanya memberikan solusi singkat, praktis, dan sederhana dalam menanggulangi berbagai masalah di Indonesia.

Lebih dari itu, setiap permasalahan harus diselesaikan dari hal yang paling mendasar. "Diharapkan, keinginan masyarkat untuk berzakat melalui lembaga filantropi. Meningkat tidak hanya saat Ramadhan, namun di hari-hari biasa masyarakat harus menyalurkan," beber Bambang Suherman dikutip Antara.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung, mengumpulkan zakat fitrah senilai Rp37,83 miliar dari 1,27 juta orang muzaki atau yang membayar zakat, yang tersebar di 30 kecamatan di daerah itu. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Kota Bandung, Tatang Muchtar di Bandung, Jumat, mengatakan dana zakat fitrah tersebut telah disalurkan kepada 254.602 mustahik, yang berhak menerima zakat.

"Pendistribusiannya langsung oleh UPZ (Unit Pelaksana Zakat) di wilayah-wilayah. Jadi tidak ada dana zakat yang masuk ke Baznas Kota Bandung. Ke Baznas Pusat hanya pelaporan administratif saja," ujarnya.

Takar zakat fitrah
Siswa menakar dan mengemas beras untuk zakat fitrah (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Tatang menjelaskan, pengumpulan zakat dalam dua bentuk, yakni beras dan uang. Para muzaki menyerahkan 2,5 kg beras per orang. Jika ingin berzakat dalam bentuk uang, muzaki mengonversikannya dengan nilai Rp30.000. "Itu sesuai dengan surat edaran dari Baznas Kota Bandung tahun ini. Jadi harga berasnya dihitung Rp12.000 per kilo," jelasnya

Sementara, Pengumpulan zakat fitrah, zakat mal, infaq dan sedekah (ZIS) yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi selama Ramadhan mencapai Rp2 miliar lebih. "Dibandingkan tahun lalu pengumpulan ZIS tahun ini ada peningkatan 11,9 persen atau sekitar Rp281 juta," kata Ketua Baznas Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya.

Adapun rinciannya untuk zakat fitrah yang dikumpulkan dari warga yakni di Kecamatan Cikole Rp303,7 juta, Citamiang Rp327,7 juta, Warudoyong Rp206,5 juta, Gunungpuyuh Rp276,6 juta, Baros Rp205,6 juta, Lembursitu Rp174,3 juta dan Cibeureum Rp139,5 juta. Selain itu sumber zakat fitrah lainnya seperti dari satuan kerja perangakat daerah (SKPD) Pemkota Sukabumi, BUMD, BUMN, TNI, Polri dan instansi lainnya sebesar Rp173 juta.

Untuk infaq yang dititipkan ke Baznas mencapai Rp74,2 juta dan zakal mal Rp191,8 juta. Setiap tahunnya angka tersebut terus meningkat karena semakin banyaknya warga yang mempercayakan pengelolaan ZIS tersebut kepada Baznas.

Selain itu, Pengurus Takmir Masjid Istiqomah Kabupaten Kotabaru, menerima zakat fitrah, zakat mal, infaq dan sodaqoh dari Umat Islam sebanyak Rp143 juta lebih. Bendahara Takmir Masjid Istiqomah Kabupaten Kotabaru, H Kamaruzaman mengatakan dana tersebut terdiri dari zakat fitrah Rp60,766 juta, zakat mal Rp66,900 juta dan infaq serta sodaqoh Rp15,533 juta.

"Selain itu masih ada zakat fitrah yang diterima pengurus berupa beras sebanyak 224,5 kilogram," katanya.

Dikatakan, zakat fitrah dan zakat mal tersebut disalurkan kepada 2.259 orang yang berhak menerima atau sekitar 771 kepala keluarga, sehari sebelum Idul Fitri masing-masing senilai Rp35 ribu. "Sisanya akan dikelola oleh Lembaga Lazismu," tambah Kamaruzaman. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH