Yusril Ingatkan Indonesia Tak Ulangi Kesalahan Malaysia pada Asian Games 2018 Video Mapping ditembakkan ke Monas dan kembang api menjadi atraksi dalam peresmian "Countdown Asian Games 2018" di lapangan Monas, Jakarta, Jumat (18/8). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

MerahPutih.com - Insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan Sea Games 2017 di Malaysia harus dijadikan pembelajaran oleh pemerintah Indonesia. Terlebih, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga Asian Games 2018 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra di Kantor DPP PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (21/8).

"Mudah-mudahan kita tidak melakukan kesalahan yang sama oleh karena kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games," ujar mantan Menteri Kehakiman era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Menurut Yusril, kesalahan tersebut akan berakibat fatal jika dilakukan oleh tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut. Jumlah negara yang menjadi peserta Asian Games sendiri memang lebih banyak jika dibandingkan dengan peserta Sea Games yang hanya diikuti 11 negara di Asia Tenggara.

"Lebih banyak lagi negara yang ikut (Asian Games) dan kalau kita juga teledor pasang bendera negara lain, mereka pun bisa marah juga sama kita," jelas Yusril.

Seperti diketahui, buku panduan resmi Sea Games telah salah menayangkan bendera Indonesia. Dalam buku panduan tersebut, bendera Indonesia yang seharusnya berwarna merah putih ditayangkan secara terbalik sehingga menjadi mirip dengan bendera Polandia.

Tidak hanya itu, kesalahan penayangan tersebut juga diikuti oleh salah satu media massa di Malaysia yang menampilkan tayangan yang serupa dengan buku panduan tersebut.

Berkaitan dengan hal ini, Menteri Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia Imam Nahrowi di Kuala Lumpur, Minggu (20/8) kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Khairy telah meminta maaf secara terbuka atas keteledoran tersebut kepada masyarakat Indonesia. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Mahfud MD Duga Insiden Bendera Terbalik Disengaja


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH