Yuks, Ikuti Tips Agar Bisa Traveling di Akhir Tahun Sejumlah wisatawan menyaksikan komodo di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo. (MP/Dery Ridwansah)

SEBENTAR lagi kita akan menghadapi penghujung tahun. Buat yang doyan traveling tentunya bakal mencari waktu untuk bisa menikmati destinasi yang diinginkan. Enggak perlu mahal, ada banyak kok tempat dengan harga murah tapi bisa memanjakan dan melepas rasa lelah yang kamu jalani di kehidupan satu tahun ke belakang.

Nah, Founder Open-Trip.id, Eka Saparingga membagikan beberapa tips liburan di akhir tahun. Kamu bisa mengikutinya agar perjalanan travelingmu menjadi menyenangkan dan minim kendala. Yuk simak.

Baca juga:

Tips Memilih Agen Travel yang Aman

1. Pilih destinasi yang terjangkau

Pilih destinasi yang terjangkau (Foto: MP/Muchammad Yani)
Pilih destinasi yang terjangkau (Foto: MP/Muchammad Yani)

Tips pertama dari Angga, sapaan akrabnya adalah lebih selektif untuk memilih tempat berlibur. Pertimbangkan destinasi dalam negeri karena biasanya jauh lebih murah dibanding liburan ke luar negeri. Apalagi saat ini nilai tukar mata uang sedang tak menentu.

"Tapi beberapa negara malah Lebih jauh Lebih murah biayanya dibanding liburan di dalam negeri. Jadi pinter pinter Dan rajin compare Dan cek harga aja," kata Angga kepada merahputih.com, beberapa hari yang lalu.

2. Siapkan tiket mulai dari sekarang

Mulai siapkan tiket (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)
Mulai siapkan tiket (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Berdasarkan pengalaman Angga, biasanya jika sangat dekat dengan akhir tahun, tiket promo semakin langka. Jadi coba siapkan tiket jauh hari sebelum liburan akhir Tahun. Sebenarnya terkadang ada saja promo penjualan tiket pesawat saat membelinya jak jauh dari jadwal keberangkatan. Namun hal itu enggak pasti alias untung-untungan.

"Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah ‘memburu’ tiket pesawat murah dengan rajin cari promo tiket dan paket tur liburan. Misalnya di Open Trip ID, ada promo untuk liburan dalam negeri di akhir tahun. Tapi biasanya pesan maksimal bulan November untuk keberangkatan akhir tahun atau tahun berikutnya," ucapnya.

Baca juga:

Marketplace Traveling Dengan Harga Murah

3. Pilih penerbangan bagi atau malam

Pilih penerbagangan paling pagi atau malam (Foto: Pixabay/Skitterphoto)
Pilih penerbagangan paling pagi atau malam (Foto: Pixabay/Skitterphoto)

Buat yang ingin menikmati liburan dengan cara naik pesawat, pilih penerbangan paling pagi atau malam hari. Karena biasanya harga untuk penerbangan di waktu tersebut lebih murah. Terbang di waktu paling pagi atau malam hari juga jauh lebih nyaman karena sesuai dengan jam tidur. Tapi teliti dulu untuk harga tiket setiap maskapai, karena masing-masing punya kebijakannya sendiri.

4. Cari informasi paket tur

Cari informasi paket tur (Sumber: Instagram/ezytravel)
Cari informasi paket tur (Sumber: Instagram/ezytravel)

Gali informasi mengenai paket tur yang terjankau untuk destinasi yang kamu inginkan Paket tur biasanya sudah dilengkapi dengan transportasi, makan dan juga tiket masuk tempat wisata, sehingga bisa lebih menghemat biaya. Namun hal itu bersifat opsional, tergantung keinginan pribadi dan juga budget. "Jadi jangan cape untuk terus pantau buat cek di marketplace tur Open Trip ID," kata Angga.

Jika tak menggunakan tur, rencanakan lokasi wisata yang akan dikunjungi serta taksiran biayanya. Pertimbangkan juga kemungkinan menyewa kendaraan selama di tujuan wisata. Pilih opsi yang paling terjangkau agar lebih hemat.

Baca juga:

Yuk Ikuti Tips Traveling Saat Memasuki Musim Hujan


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH