Pendidikan

Yuk Tingkatkan Soft Skill di Tengah Pandemi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 12 Februari 2021
Yuk Tingkatkan Soft Skill di Tengah Pandemi
Soft skill semakin dibutuhkan di dunia kerja. (Foto: Unsplash/Headway)

SOFT skill semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja. Kemampuan ini tentunya dapat terus dikembangkan seiring dengan bertambahnya waktu, pengalaman, dan keinginan diri untuk terus mengasah keterampilan tertentu. Keterampilan tersebut melingkupi kreativitas, kemampuan berkomunikasi, hingga kemampuan untuk berpikir kritis.

Meskipun saat ini kita berada di tengah pandemi, kita justru jangan terlena dan perlu semangat mengembangkan soft skill yang semakin dicari di dunia kerja, ya. Menurut Ruangguru ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan meski pandemi terasa membatasi ruang gerak kita. Apa saja?

Baca juga:

22 Juta Pelajar Belajar Lewat Platform Pendidikan Pada 2020

1. Belajar disiplin lewat 3M

Menerapkan 3M melatih kedisipilinan. (Foto: Unsplash/Kobby Mendez)


Dengan menaati protokol kesehatan 3M, kamu sudah melatih kemampuan beradaptasi dan sikap disiplin. Dua kemampuan tersebut sangat dibutuhkan di dunia kerja. Kemampuan untuk beradaptasi di dalam lingkungan pekerjaan dibutuhkan karena perubahan merupakan sesuatu yang tak terelakkan, terutama di lingkungan kerja.

Bila kamu adaptif, maka efektivitas dan produktivitas kerja kamu juga akan semakin meningkat. Selain itu, sikap disiplin juga diperlukan supaya kamu memiliki pondasi yang kuat untuk melakukan segala sesuatu secara teratur, tepat waktu, dan tidak mudah menyerah.

2. Bersih-bersih rumah untuk latih kerjasama tim

Bersih-bersih rumah bantu kamu melatih kerjasama tim. (Foto: Unsplash/Anton)


Saat ini waktu kita pasti lebih banyak dihabiskan di rumah. Nah, kenapa tidak bantu orang tua membersihkan rumah bersama saudara. Pastinya, selama di rumah waktu yang kamu miliki untuk membantu orang tua akan lebih banyak.

Kamu bisa nih membantu orang tua untuk membersihkan rumah sembari mengajak saudaramu bekerja sama dan berbagi tugas. Hal ini juga dapat melatih kemampuan kamu dalam bekerja bersama tim.

Baca juga:

Pendiri Aplikasi Pendidikan Ini Pelopor Perubahan Berpengaruh di Asia

Kemampuan ini sangat penting di dalam dunia kerja, karena semua pekerjaan kamu pasti perlu dikerjakan bersama di dalam tim. Kadang kamu perlu belajar menjadi anggota tim yang baik, dan kadang kamu perlu belajar menjadi pemimpin di dalam tim. Nah, kamu bisa mulai latihan dari sekarang dengan cara sederhana sekaligus membantu orang tua kamu.

3. Belajar keterampilan spesifik melalui pelatihan online

Ada banyak pelatihan online untuk meningkatkan keterampilan. (Foto: Unsplash/Thomas Park)


Kamu pasti pernah melihat di sosial media info seputar pelatihan online kan? Nah, kamu bisa juga nih mengikuti pelatihan online untuk meningkatkan keterampilan. Saat ini banyak sekali platform-platform yang menyediakan pendidikan pelatihan untuk bekerja.

Pelatihan online tersebut cocok sekali untuk dilakukan di masa pandemi seperti ini. Selain mudah untuk dilakukan, kamu juga tidak perlu bingung mengatur waktu untuk melakukannya. Kamu dapat mengakses melalui smartphone atau laptop yang kamu miliki. Kamu bisa kapanpun mengakses pelatihan tersebut menyesuaikan dengan waktumu.

Nah, kamu juga bisa nih coba untuk meningkatkan keterampilan bersama Skill Academy by Ruangguru. Disini kamu tidak hanya melatih soft skill kamu, tapi kamu juga bisa melatih hard skill. (ikh)

Baca juga:

Siswa Malang dan Palembang Menang Ruangguru Champion Season 2

#Dunia Kerja #Sarana Edukasi #Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan