Kesehatan
Yuk, Tidur biar Berat Badan Turun Tidur cukup baik untuk menurunkan berat badan. (unsplash alexagorn)

KAMU bisa mati-matian berdiet dan berolahraga sampai pegal untuk kurus, tapi kalau jadwal tidurmu berantakan, segala usaha itu jadi nihil hasil. Memang tidak banyak yang tahu bahwa ada faktor lain yang bisa membantu untuk penurunan berat badan selain mengatur pola makan dan olaharga. Faktor lain seperti tidur yang cukup dan berbagai kebiasaan lainya nyatanya memiliki peran penting untuk penurunan berat badan.

Tidur yang cukup juga bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Hampir 30 persen-40 persen orang dewasa tidur hanya kurang dari 7 jam setiap malam. Kurang tidur bisa mendorong perubahan suasana hati dan memengaruhi sistem pencernaan tubuh. Kurang tidur juga bisa dikaitkan dengan penambahan berat badan. Orang yang tidur kurang dari 7 jam cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Faktanya, jika kamu mencoba menurunkan berat badan, jumlah tidur yang kamu dapatkan sama pentingnya dengan diet dan olahraga yang kamu jalankan. Seperti dilansir Healthline, inilah beberapa alasan kamu perlu memiliki waktu tidur yang cukup agar dapat membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA:

Mau langsing? Yuk Coba Diet Kopi Hitam!

1. Menurunkan Nafsu Makan

makan
Tidur yang cukup bisa menekan rasa lapar. (unsplash thoughtcatalog)

Ketika kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup, tubuh akan membuat lebih banyak hormon glerin dan lebih sedikit leptin. Hal itu kemudian membuat kamu lapar dan nafsu makan menjadi meningkat. Glerin berfungsi memberi sinyal rasa lapar di otak, sedangkan leptin merupakan zat yang dilepaskan dari sel-sel lemak untuk menekan rasa lapar dan memberi sinyal rasa kenyang di otak.

Tidur yang cukup dapat membantu mencegah peningkatan asupan kalori dan nafsu makan yang bisa terjadi saat kamu kurang tidur. Sebuah studi menunjukkan kurang tidur menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam rasa lapar, mengidam makanan, ukuran porsi, dan asupan cokelat dan lemak. Banyak penelitian yang menemukan orang yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang meningkat dan asupan kalori harian yang lebih tinggi.

2. Mencegah Ngemil saat Larut Malam

ngemil
Saat tidak tidur di malam hari, seseorang biasanya akan memilih makan. ( pexels Eren Li)

Orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori. Hal itu disebabkan meningkatnya nafsu makan dan keinginan untuk mengasup makanan tinggi kalori dan lemak.

Jika sering begadang, kamu mungkin akan merasakan lapar di beberapa titik antara waktu makan malam dan waktu tidur. Saat tidak bisa tidur, biasanya seseorang cenderung memiliki keinginan untuk mengunyah beberapa makanan atau camilan sambil menonton TV, membaca ataupun mengerjakan sesuatu. Baiknya kamu membatasi asupan makanan 2-3 jam sebelum tidur. Jika kamu lapar, pertimbangkan untuk mengunyah camilan kecil yang kaya protein seperti yogurt atau keju cottage.

3. Tidur Cukup Meningkatkan Aktivitas Fisik

tidur
Tidur cukup akan membuat kamu lebih semangat untuk menjalani aktivitas fisik seharian. ( pexels Michelle Leman)

Tidur dan aktivitas fisik memiliki hubungan yang erat. Kurang tidur dapat menurunkan aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas fisik dapat menganggu kualitas tidur seseorang. Kurang tidur menyebabkan kelelahan di siang hari, yang kemudian membuat seseorang kurang termotivasi untuk berolahraga dan cenderung menjadi tidak banyak bergerak. Saat masa diet, tentunya kamu memerlukan energi yang cukup untuk berolahraga.

Memiliki waktu tidur yang cukup dapat memotivasi kamu untuk tetap aktif melakukan aktivitas fisik dan meningkatkan kinerja atletik. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas tidur, begitu pula sebaliknya. Keduanya saling berkontribusi untuk penurunan berat badan.

4. Membantu Berpikir Lebih Baik

berpikir
Tidur yang cukup dapat membuatmu berpikir lebih baik. (pexels KoolShooters)

Kurang tidur menyebabkan otak mengubah cara kerja yang dapat memengaruhi pengambilan keputusaan, termasuk untuk keputusan pilihan makanan. Satu penelitian menemukan peserta yang kurang tidur memiliki otak terkait hadiah yang lebih besar setelah melihat gambar makanan berkalori tinggi. Menariknya, mereka juga lebih cenderung membayar lebih untuk makanan daripada mereka yang tidur cukup.

Sebuah studi menunjukkan kurang tidur menyebabkan peningkatan kepekaan bau terhadap makanan berkalori tinggi dan konsumsi makanan yang jauh lebih besar. Kurang tidur juga dapat menyebabkan pilihan makanan yang buruk seperti makanan tinggi kalori, gula, lemak, untuk mengimbangi perasaan kekurangan energi. Oleh karena itu, tidur malam yang cukup sangat membantu kamu untuk membuat pilihan makanan yang sehat.(pid)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Miley Cyrus: Aku ingin Bekerja dengan Billie Eilish
ShowBiz
Miley Cyrus: Aku ingin Bekerja dengan Billie Eilish

Keinginan untuk berkolaborasi dengan Billie Eilish diungkap oleh Cyrus dalam wawancara.

10 Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Putri Diana di Layar Kaca (Part 2)
ShowBiz
Salah Gunakan Akses untuk 'Kepoin' Pengguna, 52 Karyawan Facebook Dipecat
Hiburan & Gaya Hidup
Salah Gunakan Akses untuk 'Kepoin' Pengguna, 52 Karyawan Facebook Dipecat

Belum lama ini salah satu platform media sosial ternama Facebook, dilaporkan telah memecat 52 orang karyawannya. Hal itu lantaran puluhan karyawan tersebut didapati menyalahgunakan akses ke data pengguna Facebook.

Cara Memasang Lampu Pohon Natal untuk Kilau Maksimal
Fun
Cara Memasang Lampu Pohon Natal untuk Kilau Maksimal

Memasang lampu dengan benar dapat membuat pohon Natal terlihat lebih berkilau.

Pakai Skincare Setelah Masalah Jerawat Teratasi
Fun
Pakai Skincare Setelah Masalah Jerawat Teratasi

Penanganan jerawat melalui skincare lebih baik dilakukan saat masalah jerawat sudah teratasi.

Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, Kok Bisa?
Fun
Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, Kok Bisa?

Berpuasa bantu perbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Rambut Rontok? Mungkin ini Penyebabnya
Fun
Rambut Rontok? Mungkin ini Penyebabnya

Rambut rontok banyak penyebabnya.

PlayStation 5 Siap Hadirkan Fitur 'Variable Refresh Rate'
Fun
PlayStation 5 Siap Hadirkan Fitur 'Variable Refresh Rate'

Fitur terbaru Playstation 5 untuk menyiasati kestabilan grafis pada game next-gen.

Gaya Beda Cinderella Versi Camila Cabello
ShowBiz
Gaya Beda Cinderella Versi Camila Cabello

Lebih memodernisasi dongeng klasik.

Keren! McDonald’s akan Menyediakan Teknologi Khusus untuk Disabilitas Netra
Fun
Keren! McDonald’s akan Menyediakan Teknologi Khusus untuk Disabilitas Netra

Teknologi khusus bertujuan untuk meningkatkan akses bagi penyandang Disabilitas Netra