Yuk Simak Program Belajar Lewat TV, Radio dan Online Saat #DiRumahAja Meski sekolah libur, program belajar bisa tetap dilakukan dengan berbagai cara (Foto: pixabay/stocksnap)

AGAR pembelajaran saat #DiRumahAja lebih bermakna, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan beberapa alternatif pembelajaran siswa di rumah selama pandemi COVID-19.

Salah satunya yakni melalui Program Belajar dari Rumah lewat TVRI sebagai alternatif pembelajaran, sekaligus solusi kendala kuota dan jaringan internet terkait pembelajaran secara online.

Baca Juga:

Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses

Lewat laman resminya, Kemendikbud pun memberikan sejumlah pedoman bagi para siswa dan orang tua selama mengikuti Program Belajar dari rumah lewat TVRI.

Panduan itu terbagi untuk beberapa jenjang pendidikan, dari mulai PAUD, SD, SMP hingga SMA/SMK sederajat.

Selain belajar di rumah lewat televisi, para siswa juga bisa belajar belajar online lewat radio yakni lewat Radio Republik Indonesia (RRI).

Seperti yang dikutip dari lama rri.co.id, Direktur Utama LPP RRI, M Rohanudin menuturkan bahwa sejak di tetapkannya kegiatan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus COVID-19 terhadap para pelajar, maka RRI menyediakan program siaran khusus untuk belajar dari rumah lewat radio.

M Rohanudin menuturkan, dengan adanya siaran belajar dari rumah lewat RRI dengan jaringan program 2 RRI, bisa dinikmati oleh para pendengar di seluruh daerah mulai dari hari Senin-Jumat.

"Program belajar di programa-2 ini adalah program yang diinisiasi oleh RRI dalam masa-masa COVID-19 ini. Sehingga program ini diselenggarakan setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 10 sampai pukul 11 Waktu Indonesia Barat (WIB)," kata Dirut LPP RRI, M Rohanudin.

Belajar lewat radio bisa menjadi solusi disaat pandemi virus corona (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Baca Juga:

March Festival Suarakan Semangat Merdeka Belajar

M Rohanudin menambahkan, jika program tersebut menghadirkan para guru untuk mengajar di udara, mereka bisa hadir dir studio maupun di rumah melalui telepon, kemudian interaktif tanya jawab.

Kegiatan belajar dari rumah yang bisa dinikmati lewat siaran khusus program belajar dari RRI memiliki keunggulan dibanding belajar secara online, karena menikmati siaran belajar lewat RRI pola imajinasi mereka bisa terbangun.

"Belajar di radio adalah cara yang sangat efektif dan lebih interaktif dibanding belajar secara online, karena kelebihan radio yang auditif dapat menghidupkan theater of mind (pola pikiran imajinasi) anak-anak sekolah," tutur M Rohanudin.

Selain itu ditengah program siaran khusus belajar dari rumah lewat RRI, M Rohanudi juga menyampaikan jika akan ada selingan-selingan hiburan bagi para pendengar. Sehingga siaran khusus program belajar lewat RRI membuat kegiatan belajar tak menjenuhkan bagi anak-anak sekolah.

Lalu selain TV dan Radio, para anak-anak sekolah juga bisa mengikuti program bejalar di situs belajar online. Saat ini banyak sekali situs-situs platform belajar mandiri via online gratis. Tentunya bisa membuatmu tetap mendapat ilmu, meski sekolah terpaksa diliburkan akibat pandemi virus corona.

Adapun beberapa situs belajar online yang cukup baik, antara lain yakni Ruang Guru, SIP Online, Rumah Belajar, Zenius dan Sekolahmu. (Ryn)

Baca Juga:

Segala Hal Tentang Teknologi Pendidikan di Edutech Expo & IIETSE 2020

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH