Yuk, Pelesir ke Pulau Moyo NTB yang Memukau

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Sabtu, 21 November 2015
Yuk, Pelesir ke Pulau Moyo NTB yang Memukau
Pulau Moyo, NTB. (pinterest)

MerahPutih Wisata - Untuk pecinta alam dan dunia bawah laut, tiga kilometer di lepas pantai Utara Sumbawa terletak pulau Moyo, lingkungannya alami dengan garis pantai yang berbatu dan padang rumput rumah bagi semua jenis satwa liar.

Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, berdasarkan surat keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI no. 308/KPTs-11/1986 tanggal 24 September 1986 dijadikan Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo dan Taman Buru Pulau Moyo.

Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura.

Pulau Moyo menjadi lebih terkenal setelah kunjungan Putri Diana dari Inggris yang menghindar dari kejaran paparazzi.

Daya tarik utama dari pulau ini terletak di bawah permukaan lautnya. Moyo dikelilingi oleh terumbu karang alami yang ideal untuk snorkeling. Berenang dengan hiu putih, menyelam di dekat ikan pari, menemukan segerombolan ikan tropis. Pengalaman di perairan tropis Indonesia tak akan terlupakan.

Di darat, dua pertiga dari pulau ini merupakan cagar alam. Satwa liar di sini termasuk rusa, sapi liar dan berbagai jenis burung, dari mulai bangau besar, brahmini dan elang laut putih - pengamat burung akan senang melihat sebagian besar burung yang membuat pulau sebagai rumah mereka.

Saat kunjungan yang terbaik pada musim kemarau yakni bulan Juni sampai dengan Agustus akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Juni dan Juli meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April.

Bagi Anda yang ingin menginap, jangan khawatir karena di Pulau Moyo sudah ada beberapa hotel meski terpencil. Anda juga bisa mendirikan tenda-tenda yang menyatu dengan alam.

Anda dapat menyewa perahu dari Sumbawa Besar. Hotel tempat Anda bisa mengatur penyewaan ini untuk Anda, Anda bisa pergi sendiri ke dermaga di Muara Kali dan menawar harga untuk sebuah kapal.

Untuk perjalanan yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan kapal cepat namun harga lebih mahal, jika cuaca memungkinkan, Anda bisa berlayar dengan sampan nelayan setempat. Berlayar dengan sampan akan memakan waktu tapi dengan cara ini Anda bisa merasakan kedamaian dan menikmati atmosfer yang berbeda.

 

BACA JUGA:

  1. Taman Nasional Baluran, Eksotisme Afrika di Jawa Timur
  2. Menikmati Keindahan Pantai Siung Sambil Panjat Tebing
  3. Pacu Adrenalin dengan Berwisata Sepeda di Gunung Kintamani
  4. Menjelajah Wisata Pantai Koka yang Mendunia
  5. Menengok Potensi Wisata Pulau Bawean di Gresik
#Wisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan