Yuk Ngantor Naik Kendaraan Umum Sesuai Prosedur Pencegahan COVID-19 Patuhi prosedur pencegahan COVID-19 di kendaraan umum (Foto: Pexels/Vitaly Vlasov)

NAIK kendaraan umum selama pandemi COVID-19 sebaiknya memang dihindari. Tapi, mau tidak mau saat PSBB mulai dilonggarkan kamu harus kembali beraktivitas ke kantor seperti biasa.

Nah, buat kamu yang biasa ngantor naik kendaraan umum tidak perlu terlalu khawatir. Kamu tetap bisa mencegah COVID-19 di tempat penuh orang seperti kendaraan umum. Caranya mudah, cukup patuhi prosedur pencegahan COVID-19.

Baca juga:

3 Hal Nyebelin Ketika Menggunakan Masker, Apakah Kamu Juga Merasakannya?

Berikut prosedur kesehatan yang harus kamu patuhi selama berada di kendaraan umum menurut laman CGTN:

1. Pakai masker dan jaga jarak sejauh 1 meter dengan penumpang lain

Menggunakan masker menjadi prosedur paling penting untuk hindari Corona (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Menggunakan masker menjadi prosedur paling penting selama pandemi Corona. Kamu harus selalu mengenakan masker dimanapun, apalagi di kendaraan umum. Virus Corona akan mudah masuk melalui mulut atau hidung yang tidak terlindungi. Selain itu, tetap jaga jarak dengan penumpang lainnya minimal 1 meter. Jangan pernah duduk di sebelah penumpang lain tanpa memberi ruang.

2. Usahakan jangan menyentuh benda di kendaraan umum

Usahakan jangan pegang handlegrip (Foto: Pexels/Life of Wu)

Jaga tangan kamu tetap steril dengan tidak menyentuh benda di kendaraan umum. Termasuk handlegrip. Namun, jika memang terpaksa memegang handlegrip demi keamanan selama di perjalanan, sebaiknya gunakan sarung tangan.

Baca juga:

Setelah Drive-In Cinema, Jerman Terapkan New Normal di Bioskop

3. Jangan pernah menyentuh mata, hidung, dan mulut selama perjalanan

Jangan sentuh area wajah (Foto: Pexels/Simon Robben)

Kamu tidak pernah tahu seberapa bersih tangan kamu. Oleh karena itu, selama apapun perjalanan kamu, hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Atau gunakan tisu saat menyentuh wajah jika memang terpaksa.

4. Jangan lupakan hand sanitizer

Hand sanitizer lebih praktis (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Tentu kamu harus mencuci tangan secara berkala untuk mencegah tertular COVID-19. Namun, tidak mungkin kamu bisa mencuci tangan selama berada di kendaraan umum. Sebagai gantinya, jangan pernah lupa membawa hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer selama berada di kendaraan umum dan setelah sampai di tujuan.

Tetap patuhi prosedur pencegahan COVID-19 ya sobat Merah Putih. (ikh)

Baca juga:

Mal di Jakarta Kembali Dibuka, Ini Tips Supaya Kamu Tetap Aman Berbelanja

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo