Yuk Merapat ke 'Garage Sale' Menteri Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden Jokowi meninjau lokasi keramba ikan (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Merahputih.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bakal menggelar acara "Garage Sale" atau mengobral sejumlah barang pribadinya dalam rangka menghimpun dana membantu masyarakat yang terkena dampak gempa di Provinsi Sulawesi Tengah.

"CHARITY SALE! Menteri @susipudjiastuti akan menjual barang-barang pribadinya," tulis akun resmi Kementrian Kelautan dan Perikanan @kkpgoid.

"Seluruh hasil penjualannya akan didonasikan untuk korban bencana Palu, Donggala & sekitarnya. Yang ingin turut membantu, merapat ya," sambungnya.

Acara "Garage Sale" tersebut dimulai Rabu (17/10) hingga Kamis (19/10) mulai pukul 16.00-19.00 WIB di Gedung Mina Bahari I Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam cuitannya, KKP juga mengunggah video Menteri Susi mengajak masyarakat hadir di Garage Sale. Nantinya, baik barang-barang pribadi atau koleksi-koleksi pribadi milik Susi akan dijual. Baik yang telah dipakai maupun yang belum pernah.

"Semua saya jual untuk nanti dananya akan saya bawa untuk membantu masyarakat Palu," kata Menteri susi.

Susi Pudjiastuti juga mengajak berbagai pihak untuk dapat beramai-ramai membantu masyarakat korban gempa di Sulteng.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Gedung Kementerian Perikanan dan Perikanan Jakarta (Foto Antara/Wahyu Putro A)

KKP sendiri telah membuka posko bantuan di Palu, terkait bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah. Bahkan, Menteri Susi telah menyambangi lokasi bencana pada 30 September 2018, bersama empat pejabat eselon I KKP.

Kunjungan tersebut fokus kepada peninjauan kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Palu, serta mengevakuasi keluarga pegawai KKP yang berada di Palu.

Saat ini, sudah 34 orang dari keluarga pegawai KKP yang dievakuasi ke Makassar, Mamuju dan Balikpapan.

Menteri Susi juga meninjau lokasi yang paling parah terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami antara lain Mamboro, Pantai Talise dan Kabupaten Sigi.

Posko bantuan KKP akan tersebar di tiga titik, yakni Mamboro, Kabupaten Sigi, serta Bandara Sis Aljufri yang akan dilengkapi dengan dapur umum, tenaga kesehatan, serta ruang belajar sementara bagi anak-anak. Pengiriman bantuan serta logistik akan dilakukan dari Balikpapan dan Mamuju.

Dengan fasilitas dari perusahaan penerbangan Susi Air, evakuasi korban, terutama mereka yang sakit dan ibu serta anak diprioritaskan dari Palu ke Balikpapan atau Mamuju.

Selain jalur udara, KKP juga akan membawa bantuan makanan, air serta peralatan evakuasi dari Bitung lewat jalur laut menggunakan Kapal Pengawas Hiu 002. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH