Yuk, Menyusuri Pantai Pink di Lombok Timur yang Kece Banget Pantai Pink yang menjadi buruan pelancong. (Foto: jejaktravel)

Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) punya pantai yang sangat unik. Pasirnya berwarna merah muda atau pink. Karenanya populer dengan nama Pantai Pink. Padahal nama aslinya, Pantai Tangsi.

Pantai ini letaknya di di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Pantai pink kini menjadi destinasi andalan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara setelah viral di media sosial. Mereka seolah ingin membuktikan apakah benar pantai ini memiliki kecantikan yang luar biasa lantaran warnanya pink.

1. Cara menuju ke Pantai Pink

airport
Butuh waktu 2,5 jam menuju Pantai Pink. (Foto: Pixabay)

Untuk berkunjung ke Pantai Pink bisa disebut gampang-gampang susah. Jaraknya cukup jauh dari Mataram. Kamu bisa menghabiskan 2,5 jam dari Kota Mataram, atau 2 jam dari Airport Praya. Jalur menuju Pink Beach Lombok dari Mataram ataupun Airport Praya adalah menuju ke arah timur. Atau ke arah Desa Keruak.

Seperti ditulis jejaktraveler, sesampainya di desa Keruak, kamu harus belok kanan menuju Desa Jerowaru. Langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti petunjuk jalan yang ada di setiap persimpangan jalan.

Di sana sudah sangat jelas. Terpampang tulisan Pantai Pink atau Pink Beach Lombok.

2. Harus berhati-hati menuju pantai pink, karana jalur aksesnya yang brutal

akses
Akses menuju Pantai Pink. (Foto: marthentanone.wordpress.com)

Untuk mencapai Pantai Pink, memerlukan perjuangan berat. Perut di kocok-kocok sepanjang 2 kilometer mengikuti jalan tanah berbatu serta berlubang.

Bahkan debu pekat akan menerpa jika kamu ke sana menggunakan kendaraan motor. Apalagi kalau motormu melaju tepat berada di belakang roda empat. Mau tidak mau harus berhenti dahulu menunggu roda empat itu menjauh.

Selain itu, pengemudi harus memiliki kelihaian untuk bermanuver saat memasuki desa Sekaroh. Sebab, selain berpasir, kondisi jalanannya juga menanjak. Selama perjalanan itu, kamu akan disuguhi pemandangan pohon-pohon meranggas di wilayah Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur. Orang-orang menyebutnya hutan Sekaroh.

"Memang kondisi jalan banyak dikeluhkan oleh pengunjung," kata Abdullah, salah seorang pedagang makanan dan minuman di objek wisata tersebut seperti dilansir Antara.

pantai pink
Pantai Pink di Lombok (Foto: Ananta Lombok Tour)

Namun jangan khawatir, perjuangan tersebut akan terbayar begitu kamu tiba di sana.

3. Ternyata ini yang membuat pasir pantainya berwarna pink

pantai pink
Kerang berwarna merah yang membuat pasir pantai berwarna pink. (Foto: Jejaktraveler)

Sebenarnya sumber warna pink di pantai tersebut bukan bersumber dari warna pasirnya. Tapi warna itu berasal dari alga di dalam laut yang berwarna merah dan serpihan karang berwarna merah. Kemudian warnanya bercampur dengan pasir putih hingga terjadi perpaduan warna yang indah antara putih dan kemerahan. Jadilah warna pink.

4. Spot paling menarik untuk menikmati keindahan Pantai Pink

pantai pink
Sisi terbaik Pantai Pink ada di sebelah kiri jalan masuk. (Foto: Jejaktraveler)

Ketika tiba di sana, pastikan kamu menikmati keindahan pulau pink dari spot dan angle terbaiknya. Spot paling kece untuk melihat pantai pink itu bisa didapat dari atas bukit sisi sebelah kiri dari jalan masuk. Pengunjung harus mendaki ke atas dari belakang warung dan melewati jalan setapak berkarang.

Sesampainya di atas, pengunjung bisa melihat keindahannya dengan warna pink di pantai bercampur air laut yang tenang dengan warna biru tua dan biru muda. Spot itu menghasilkan nuansa indah yang tiada duanya.

Hanya keheningan yang terasa di sana membuat pengunjung rela berlama-lama di pantai yang jauh dari keramaian tersebut. “Kalau ingin melihat pantainya berwarna pink, bagusnya datang antara tanggal 16, 17 sampai 18. Itu sudah rutin. Apalagi berpadu dengan matahari terbit. Khususnya pada pagi hari," kata Abdullah.

5. Pengunjung bisa menikmati keindahan laut dengan snorkling atau diving

Pantai pink
Pantai Pink juga dapat diselami. (Foto: dutawisata)

Selain menikmati pasir berwarna pink, pengunjung juga bisa melihat biota laut dengan mengikuti snorkling atau diving. Jangan, khawatir, untuk dua kegiatan itu, kamu bisa menyewa peralatannya. Harganya cukup murah. Untuk alat snorkling biayanya sekitar Rp 100 ribu. Kamu juga bisa menyewa perahu yang bisa dibayar bersama-sama dengan pengunjung lainnya dengan harga Rp 350 ribu. (*)

Kredit : thomaskukuh

Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH