Yuk Mengenal Emulator-emulator Android yang Terus Berkembang Ilustrasi Android. (Pixabay.com)

MerahPutih.com - Google Android adalah sistem operasi yang awalnya diciptakan oleh Open Handset Alliance. Yang mana organasasi tersebut merupakan gabungan perusahaan-perusahaan yang memiliki keinginan untuk membuat sistem operasi Android. Tentunya aliansi ini dipimpin oleh Google.

Sebagaimana mestinya, Android dibuat untuk menjadi sebuah aplikasi open source yang kegunaannya bisa disesuaikan oleh programmer-nya, sehingga sekarang banyak sekali implementasi yang dibuat menggunakan sistem berbasis Android.

Dalam proses pengembangannya, seorang programmer membutuhkan sarana uji coba yang bisa digunakan untuk mengetes aplikasi yang mereka buat. Dan beberapa sarana yang memungkinkan adalah menggunakan perangkat yang mereka pakai sendiri atau menggunakan sebuah virtual device yang dijalankan pada peralatan mereka. Seperti halnya sebuah sistem operasi pada komputer yang bisa disebut sebagai Emulator.

Akan tetapi, tiap perangkat memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Sehingga para programmer akan kesulitan untuk mendapatkan hasil maksimal jika hanya menggunakan beberapa unit yang bersifat mainstream atau banyak orang pakai dan mengesampingkan perangkat yang dipakai dalam jumlah menengah ke bawah.

Pertarungan antara produsen telepon pintar middle dengan perusahaan besar
Perusahaan besar memiliki basis pelanggan yang lebih besar dibandingkan perusahaan kecil atau perusahaan yang tidak terkenal

Alternatif dari penggunaan sarana uji coba saat pengembangan sebuah aplikasi Android adalah menggunakan emulasi dari sebuah sistem Android. Dan beberapa pilihan masih muncul disini, seperti melakukan emulasi secara hybrid yang mana menggunakan teknologi HTML5 dan JS. Dan juga emulasi secara penuh dengan menggunakan sistem operasi Android yang di pasangkan pada sistem komputer sehingga dapat digunakan layaknya sistem operasi Linux ataupun Microsoft Windows.

Sebenarnya, hingga saat ini belum bisa ditentukan pilihan mana yang lebih unggul dalam melakukan simulasi dari sistem Android. Tetapi, jika aplikasi itu diharapkan dapat menggunakan fitur-fitur dari perangkat yang digunakan secara penuh, maka pilihan untuk menggunakan sistem operasi Android pada komputer adalah yang paling tepat.

Hal itu dikarenakan, proses emulasi yang dijalankan tidak bisa mendekati kemampuan proses yang dilakukan oleh perangkat telepon pintar ataupun perangkat telepon tablet.

Pilihan selanjutnya adalah simulasi menggunakan teknologi hybrid. Dimana aplikasi ini dijalankan layaknya sebuah browser yang menggunakan kode-kode dari JavaScript.

Teknologi JavaScript ini mendorong perkembangan dunia informasi teknologi (IT) khususnya di bidang Web Programming dan menjadikan alternatif dari sebuah aplikasi Android yang menggunakan sistem hybrid.

Keuntungan dari aplikasi hybrid adalah, sistem dapat dibuat langsung menggunakan bahasa pemrogramman yang umum dikenal oleh para programmer website.

Dengan menggunakan teknologi JavaScript ini, kita bisa melihat tampilan web yang biasa dilihat dalam desktop menjadi tampilan yang bisa diaplikasikan pada perangkat mobile. Sehingga tampilan ini bisa disuguhkan sebagai sebuah aplikasi di sistem Android.

Tampilan web merahputih dengan tampilan mobile hybrid yang responsif
Tampilan responsif membantu mengubah tampilan sebuah situs menjadi lebih mudah di gunakan pada tiap perangkat berbeda, khusus nya pada browser


Nah, perkembangan emulasi sistem operasi Android sekarang tidak berlaku hanya menjadi sarana pengembangan aplikasi oleh para programmer Android saja. Akan tetapi sekarang emulasi Android telah digunakan oleh beberapa pihak agar sistem emulasi ini dapat dijalankan sebagaimana mestinya saat digunakan pada telepon pintar ataupun telepon tablet di mesin komputer.

Tujuannya adalah memberikan alternatif bagi pengguna komputer untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang hanya bisa di gunakan pada sistem operasi Android. Misalnya, menggunakan aplikasi Chatting seperti Whatsapp, Telegram dan LINE; menggunakan aplikasi Sosial Media seperti Facebook, Instagram, dan Path; atau menggunakan aplikasi Permainan seperti Mobile Legends, Zombie Tsunami dan Clash of Clans.

Dikarenakan aplikasi emulator ini menjalankan sistem operasi Android dengan optimal dibandingkan menggunakan simulasi versi hybrid maka banyak programmer yang menggunakannya. Terutama untuk keperluan pengembangan aplikasi Android. Di samping itu, emulator bisa digunakan sebagai sarana hiburan.

Berikut beberapa emulator Android yang banyak digunakan programmer:

BigNox

BigNox perusahaan asal hongkong yang memiliki basis pengguna terbesar sesuai klaim nya
Nox adalah emulator khusus game dengan fitur lengkap seperti performa yang optimal, kompatibilitas kontrol dan multi-instance

Aplikasi BigNox atau Nox ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang terletak di Hong Kong bernama Nox Digital Entertainment Co. Limited. Saat ini, BigNox telah memiliki pengguna dengan jumlah fantastis. Yaitu 150 juta pengguna yang berasal lebih dari 150 negara.

Nox sendiri adalah emulator yang menjalankan sistem Android dan juga memberikan fitur-fitur khusus untuk bermain permainan Android. Beberapa dari fitur itu adalah Keyboard Mapping, yang berfungsi untuk melakukan simulasi dari kontrol permainan menggunakan perangkat keyboard, mouse ataupun joystick XBOX yang terhubung di perangkat komputer; dan ada fitur Multi-Instance, yaitu kemampuan untuk menjalankan emulasi dari aplikasi BigNox lebih dari satu tampilan.

BlueStacks

Awal dari trend emulasi sistem Android khusus game, ialah BlueStacks
Emulasi perangkat android yang terkenal sejak 2011, BlueStacks

BlueStacks adalah sebuah emulator yang mensimulasikan sebuah perangkat Android dan menampilkan tampilan yang lebih mirip dengan perangkat telepon tablet. Akan tetapi sistem yang dibangun sejak 2011 ini sangat sering diserang oleh kelompok hacker dan kembangkan lagi dalam format rooted.

Sehingga banyaknya iklan yang bermunculan pada versi real-nya dapat ditekan oleh para hacker, dengan konsekuensi beberapa aplikasi mainstream tidak bisa dijalankan pada sistem yang telah di-root.

Sistem yang mampu menampilkan proses simulasi Android ini, cukup terkenal dengan menggunakan iklannya, dan juga sangat mengejar keuntungan dari iklan-iklan tersebut. Bahkan secara implisit BlueStacks menggiring para penggunanya untuk menggunakan lisensi berbayar agar mendapatkan hasil yang optimal.

GenyMotion

Emulator dengan sistem operasi Android yang lebih khusus digunakan para programmer Android
Genymotion merupakan sistem yang dibangun dengan tujuan lebih dari penggunaan oleh pengguna umum. melaikan untuk pengembangan aplikasi

Pada dokumentasi resminya GenyMotion merupakan sebuah emulator Android yang memiliki kelengkapan dari sensor yang umum dimiliki oleh perangkat telepon pintar atau telepon tablet. Dimana fungsinya adalah untuk proses pemrograman aplikasi menggunakan sensor secara tidak langsung (virtual). Sehingga para pembuat aplikasi yang biasanya menggunakan sistem Android bawaan dari aplikasi perancangan milik Google dapat beralih kepada aplikasi GenyMotion, yang dapat menggunakan sensor seperti: Batere, GPS, Kamera, Remote Control, Penyimpanan, Jaringan dan lainnya.

Sayangnya GenyMotion menerapkan penggunaan aplikasi nya dengan format berbayar yang dibebankan kepada penggunanya dengan biaya yang dihitung penggunaan nya setiap 12 bulan pemakaian (satu tahun).

Andy

Implementasi sebuah emulator dengan iklan fungsi mirip BlueStacks
Andy adalah sistem Android yang dijalankan hampir seperti aslinya sebuah sistem telepon pintar

Pilihan terakhir adalah Andy. Emulator ini dirancang untuk penggunaan harian seperti instalasi aplikasi berita, komunikasi, permainan ataupun aplikasi sosial media. Dan untuk bentuk dan sajian aplikasi Andy ini lebih mirip dengan BlueStacks. Akan tetapi Andy menggunakan tampilan orisinal sistem operasi Android dibanding BlueStacks yang menggunakan tampilan yang sudah di tentukan oleh pembuatnya.

Andy merupakan sistem yang menarik untuk digunakan, dan fitur-fitur menarik yang telah diimplementasikan oleh para programmer Andy lebih ke arah sistem untuk marketing. Dikarenakan, poin penting yang diangkat oleh Andy adalah iklan. Salah satunya adalah iklan yang menjalankan sebuah aplikasi kecil di halaman pengguna Andy dan iklan tersebut dapat digunakan oleh pengguna nya seakan-akan aplikasi itu adalah aplikasi atau permainan.

Dengan cara itulah, Andy mendapatkan informasi berharga dari customers behavioural yang tercatat di sistemnya. (*)


Tags Artikel Ini

Muhammad Rizkiansyah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH