Yuk, Mengenal Aplikasi Editing Video Belajar editing video bisa kamu lakukan sendiri. (foto: pixabay/recklessstudios)

BANYAK jalan untuk berkarya di dunia kreatif, salah satunya menggeluti bidang visual, seperti videografi. Selain penggunaan kamera dalam pengambilan sebuah video, aplikasi editing juga diperlukan dalam mengolah video yang telah diambil.


Nah, buat kamu yang tertarik di bidang tersebut, Merahputih.com rekomendasikan 3 aplikasi editing video.

BACA JUGA: Bukan Warna Merah Muda dan Biru, Warna Monokrom Miliki Pengaruh Dahsyat Bagi Penglihatan Si Kecil


1. Premiere Pro

Aplikasi besutan Adobe ini merupakan yang paling umum digunakan untuk mengedit video. Tampilan wajahnya yang sederhana memudahkan kamu mudah mempelajari setiap perintah didalam aplikasi ini.

Karena banyak yang menggunakan Premiere Pro sebagai aplikasi untuk mengolah video, berbagai macam tutorial juga banyak tersebar di internet. Dengan begitu, sehingga proses belajar akan jauh lebih mudah daripada belajar sendiri.

Yang paling seru dalam menggunakan Premiere Pro ialah banyak orang yang memberikan preset efek video secara gratis di internet. Dengan begitu, mengolah video akan jauh lebih asyik karena banyak efek yang tersedia.


2. Final Cut Pro

Bagi pengguna produk Apple, seperti Macbook dan iMac, aplikasi ini jadi pilihan. Tampilan wajah dari aplikasi ini bisa dibilang tidak jauh beda dengan Premiere Pro. Meskipun demikian, aplikasi ini memiliki keunggalan dalam render sebuah video lebih cepat.

Namun sayangnya, Final Cut Pro kurang populer, karena penggunanya terbatas untuk pemilik produk Apple saja.

Untuk tutorial penggunaan Final Cut Pro, kamu tak susah menemukannya di internet. Akan sangat mudah mempelajari aplikasi ini.


3. DaVinci Resolve

Brand kamera untuk perfilman, Blackmagic Design, menawarkan aplikasi editing ini. Bagi sebagian orang, aplikasi ini cukup menantang untuk dipelajari. Dengan adanya fungsi untuk perfilman, aplikasi ini memang ditujukan keperluan produksi film.

Yang paling menonjol ialah aplikasi ini kebanyakan dipakai untuk 'mewarnai' video. Aplikasi ini memberikan keleluasaan lebih dalam video grading, seperti masking hingga pilihan midtone yang lebih luas dari pada kedua aplikasi tersebut.

Karena pengoperasian aplikasi bisa dibilang cukup sulit, tutorial yang ada di internet mungkin sebatas dasar-dasar penggunaan dari aplikasi ini. Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak dapat dipelajari loh. (jhn)

BACA JUGA: 5 Tips Ampuh untuk Mudah Mempelajari Bahasa Asing



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH