Yuk Konsumsi 3 Makanan Herbal Ini Biar Sistem Imun Kuat Produk herbal ini ternyata kaya akan antioksidan. (Foto: Pixabay/ExplorerBob)

SALAH satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi asupan bernutrisi. Nah, asupan yang kaya akan nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari produk herbal.

Banyak penelitian yang mendukung manfaat berbagai macam herbal bagi sistem imun dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkannya sebagai penambah asupan nutrisi sehari-hari.

Baca juga:

Suka Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini? Siap-siap Sistem Imun Melemah

Melansir laman Alodokter, berikut tiga produk herbal yang membantu tingkatkan sistem imun tubuh:

1. Kurma

Kurma mengandung antioksidan yang baik bagi sistem imun tubuh (Foto: Genetic Literacy Project)

Kurma adalah buah berbiji yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Beberapa penelitian mengatakan kurma mengandung banyak antioksidan yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini juga mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan saluran cerna, karbohidrat untuk memberikan energi, juga mineral untuk memperkuat tulang serta melawan osteoporosis.

2. Jintan hitam

Jintan hitam memiliki sifat antivirus. (Foto: MindBodyGreen)

Jintan hitam merupakan biji-bijian berwarna hitam yang terkenal dengan sebutan habatussauda. Jinten hitam telah digunakan dalam pengobatan herbal sejak zaman dahulu. Biji ini mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Baca juga:

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Atur Pola Makan

Jintan hitam juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, antijamur, dan antiparasit yang dapat menghambat terjadinya proses peradangan.

3. Madu

Madu kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol (Foto: Pixabay stevepb)

Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat. Madu juga dikenal baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pemanis alami yang lebih sehat daripada gula.

Cairan yang diproduksi oleh lebah ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Madu mengandung beberapa nutrisi penting, seperti karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, magnesium, phospor, dan kalium. Madu juga bersifat antibakteri, antiradang, dan antijamur, serta kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol. (and)

Baca juga:

Cegah Corona dengan Mengonsumsi 5 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH