Yuk Koleksi Barbie dengan Pakaian Batik Barbie Batik Kirana bisa didapat di gerai barbie dan Iwan Trirta Collection (Foto: instagram@iwantirta_batik)

UNTUK pertama kalinya, Barbie meluncurkan koleksi terbaru dengan konsep batik bernama Barbie Batik Kirana. Peluncuran itu juga bersamaan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober.

Selain menjadi mainan yang menggemaskan, Barbie Batik Kirana juga bisa menjadi sarana edukasi untuk anak serta promosi budaya Indonesia.

Koleksi Barbie Batik Kirana terinspirasi dari keberangaman budaya Indonesia yang berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection. Kolaborasi dengan desainer lokal adalah yang pertama bagi Barbie.

"Iwan Tirta Private Collection senang dapat berkolaborasi dengan Barbie untuk meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik di kalangan generasi muda Indonesia," ujar CEO Iwan Tirta Private Collection Widharmika Agung di Jakarta, Selasa (2/10).

Model Barbie Batik Kirana (Instagram/ratu_doll)
Model Barbie Batik Kirana (Foto: instagram@ratu_doll)

Terdapat dua model Barbie Batik Kirana yang diluncurkan Mattel. Pertama boneka dengan pakaian motif Kawung Manis dan kedua motif Sawunggaling Latar Kopi Pecah. Dua motif ini memiliki makna tersendiri.

Motif Kawung Manis menggambarkan harapan untuk selalu bijaksana, rendah hati dan tetap ingat leluhur. Sedangkan Sawunggaling diambil dari kata Sawung berarti ayam jantan simbol kekuatan dan Galing artinya merak, melambangkan pemimpin yang penuh kasih sayang.

Sementara latar kopi pecah berarti harapan seorang pemimpin seharusnya berlaku adil dan menjaga keseimbangan pribadi yang kuat dan baik hati. Kirana sendiri memiliki arti cahaya. Dari sanalah akhirnya diturunkan dan mendapatkan dua motif yang pas dengan arti nama Kirana.

Barbie Batik Kirana bisa didapat di gerai barbie dan Iwan Trirta Collection (Instagram/iwantirta_batik)
Barbie Batik Kirana bisa didapat di gerai barbie dan Iwan Trirta Collection (Foto: instagram@iwantirta_batik)

"Dari arti Kirana itu kita turunkan menjadi motif-motif tadi. Jadi kita bercerita tentang batik dengan Barbie ini," terang Era Soekamto, Creative Director Iwan Tirta Private Collection.

Barbie dengan motif Kawung Manis terdiri dari dua potong kain. Atasan putih tanpa lengan dan rok batik bukaan dengan. Terdapat juga aksesoris berupa kalung, tas dan sepasang sepatu.

Sedangkan Barbie Batik Kirana Sawunggaling Latar Kopi Pecah terdiri dari gaun hitam berbentuk A-line tanpa tali dalam pola batik. Satu setnya berisi sepasang anting, kalung dan sepasang sepatu.

Bagi yang ingin memiliki boneka ini kamu bis amendapatkannya di semua gerai Barbie dan Iwan Tirta Private Collection. Harga untuk satu boneka Barbie Bbatik Kirana yakni Rp 299.900. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH