Yuk Ketahui Cara Memberikan Pertolongan Pertama untuk Korban Keracunan Ada pertolongan pertama untuk mengatasi korban keracunan (Foto: Pexels/Pixabay)

KERACUNAN bisa terjadi terhadap siapa saja. Kapanpun dan dimanapun bisa saja seseorang mengalami keracunan. Entah jika racun itu tertelan, terhirup, atau terkena kulit sekalipun.

Ada baiknya seseorang segera mendapatkan penanganan medis ketika keracunan. Akan tetapi, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dulu kepada orang yang keracunan. Karena keracunan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Keracunan bisa membuat seseorang sakit perut, muntah-muntah, diare, kehilangan nafsu makan, sesak napas, kesulitan menelan, kulit memerah, pingsan, bahkan hingga merenggut nyawa sekalipun.

Bagaimana cara mengatasi keracunan? Ini pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan seperti yang dilansir dari Alodokter.

1. Racun yang tertelan

Suruh penderita meludahkan racun terlebih dulu (Foto: Pixabay/un-perfekt)

Jika seseorang menelan racun. Kamu bisa menyuruhnya meludahkan racun tersebut. Tapi jangan dipaksa karena berbahaya. Jika penderita muntah, segera bersihkan mulut dan tenggorokannya menggunakan jari yang sudah dibalut kain bersih.

Ketika penderita pingsan atau tak sadarkan diri. Coba bangunkan penderita lalu minta dia meludahkan sisa racun pada mulutnya. Kemudian baringkan penderita dengan posisi miring ke arah kiri. Gunakan bantal sebagai penyangga pada punggungnya. Tarik dan tekuk tungkai yang berada di atas ke arah depan.

Namun, jika penderita enggak sadarkan diri. Minta penderita duduk dan jaga terus agar dia tetap tersadar. Apabila korban keracunan tidak bernapas, lakukan prosedur CPR (resusitasi jantung paru) jika kamu tahu caranya.

Baca juga:

Menangislah Agar Hormon Racun dalam Tubuh Terbuang

2. Racun yang terhirup

Segera bawa korban ke lokasi yang memiliki udara bersih (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

Menangani penderita yang menghirup racun cukup mudah. Pertama bawa ia ke lokasi yang memiliki udara bersih. Supaya korban bisa mendapatkan udara bersih. Kemudian jika penderita muntah dalam posisi berbaring. Segera miringkan kepalanya supaya dia enggak tersedak.

Sama seperti menangani penderita yang menelan racun. Jika dia enggak bernapas segera lakukan prosedur CPR, dan tunggu hingga bantuan medis datang.

3. Racun yang mengenai kulit

Bersihkan kulit korban dengan air dan sabun (Foto: Pexels/Juan Pablo Arenas)

Segera lepas pakaian penderita menggunakan sarung tangan jika kulitnya terpapar racun. Kemudian langsung bersihkan kulit dari racun menggunakan air. Jangan lupa gunakan sabun. Cuci kulit penderita selama 15-20 menit. Jika kulit penderita malah bengkak dan memerah, segera bawa penderita ke dokter.

Bagaimana sahabat Merah Putih, gampang kan memberikan pertolongan pertama untuk korban keracunan? (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH