Yuk, Kenali Perbedaan SEA Games dan Asian Games Peserta mengikuti Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.Com - Ajang olah raga terbesar Asia sebentar akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. Para atlet dari negara-negara di benua Asia akan berlomba menjadi yang terbaik dan meraih emas. Apakah yang menjadi keistimewaan Asian Games? Dan dimana perbedaannya dengan SEA Games?

Masih banyak sekali dari kita yang sering keliru atau tidak bisa membedakan antara Sea Games dan Asian Games bahkan selalu salah ucap ketika salah satu pesta olahraga ini diperbincangkan. Yuk kita bahas apa sih perbedaan Sea Games dengan Asian Games.

Pertama, Sea Games adalah pesta olahraga yang diikuti seluruh negara dari Asia Tenggara kalau Asian Games pesertanya meliputi negara se benua Asia. Kedua, Sea Games selalu diselenggarakan dalam rentan waktu 2 tahun sekali kalau Asian Games diselenggarakan 4 tahun sekali. Ketiga, Sea Games dibawah naungan Southeast Asia Games Federation sedangkan Asian Games dibawah Komisi Olimpiade Asia. Gimana sudah jelas belum apa perbedaan Sea Games dengan Asian Games?

Maskot Asian Games
Karyawati menunjukkan koleksi boneka mini Maskot Asian Games Kaka (badak bercula satu), Atung (rusa), dan Binbin (burung cendrawasih) di pojok "merchandise souvenir" Asian Games (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Sebagaimana dilansir dari side.id, Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang akan diselenggarakan di dua tempat yaitu di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018. Selain di Jakarta dan Palembang, Lampung, Jawa Barat serta Banten juga menjadi tuan rumah pendukung Asian Games 2018. Akan ada banyak banget cabang olahraga yang bertanding, 33 cabang olahraga Olimpiade dan 8 cabang olahraga non Olimpiade. Kira-kira cabang olahraga apa yang kalian nantikan? Pastinya sepak bola. Tapi kalian juga perlu tahu tidak hanya sepak bola yang akan seru, dari cabang olah raga lompat indah sampai berkuda pun menjadi salah satu pertandingan yang menarik untuk disaksikan.

Hingga saat ini proyek pembangunan sarana untuk Asian Games 2018 terus dilakukan dengan cepat, 10 sarana yang direnovasi seperti gelanggang remaja, baseball, softball hingga arena BMX masih terus dilakukan. Proyek LRT juga ditargetkan rampung pada Agustus untuk dijadikan salah satu transportasi atlet selama Asian Games berlangsung. Ini bukti keseriusan Indonesia yang sedang bekerja keras untuk melaksanakan Asian Games dengan baik selaku tuan rumah. Semoga atlet kita bisa meraih medali emas terbanyak dan menjadi juara.(*)

Baca berita menarik lainnya dalama artikel: Mulai 10 Mei, Menteri Kabinet Kompak Tiru Jokowi Pakai Jaket Asian Games



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH