Yuk Kenali Cara Ampuh Membasmi Virus Corona di Ponsel!

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 10 April 2020
Yuk Kenali Cara Ampuh Membasmi Virus Corona di Ponsel!
Yuk kenali cara yang tepat untuk membasmi virus corona pada ponsel (Foto: healthline)

TAK dipungkiri jika saat ini hampir setiap orang tak bisa jauh dari yang namanya ponsel. Tapi, tanpa disadari, salah satu benda yang paling riskan menjadi sarang mikroorganisme ialah ponsel.

Karena itu, ditengah pandemi virus Corona, membersihkan ponsel menjadi suatu hal yang sangat penting. Tapi jangan sampai kamu salah cara dalam membersihkannya. Alih-alih ingin ponsel terbebas dari virus, justru ponsel mu malah menjadi rusak akibat cara membersihkan yang salah.

Baca Juga:

Kota ini Punya Cara Ampuh Agar Warganya Tetap Tinggal di Rumah

Maher Yamout, Senior Security Researcher for the Global Research and Analysis Team di Kaspersky mengatakan, jika ponsel merupakan salah satu tempat yang banyak dihingapi oleh bakteri.

"Sebelum pandemi COVID-19, mengerikan jika memikirkan berapa banyak bakteri yang hidup di ponsel kita. Karena virus Corona bisa bertahan di suhu ruangan dan benda seperti logam, gelas, kemarik serta plastik selama beberapa hari, penting untuk mengikuti protokol desinfeksi yang efektif," ucap Maher, seperti yang dilansir dari Africanews.

Ponsel merupakan salah satu benda yang berpotensi menjadi sarang bakteri dan virus (Foto: pixabay/geralt)

Bakteri dan virus bisa hinggap ke ponsel dengan beberapa cara, yakni melalui droplets atau tetesan air kecil air, saat orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Bisa juga dari tangan si pemilik ponsel usai menyentuh fasilitas umum seperti gagang pintu, tombol ATM dan sebagainya.

"Bila kamu harus pergi ke toko untuk membeli barang-barang penting, kamu harus mendisinfeksi ponselmu saat kembali ke rumah. Ada beberapa produk rumah tangga yang bisa menangangi virus corona secara efektif, yakni etanol (C2H5OH), Isopopil alkohol (C3H7OH), hidrogen peroksida (H202) dan natrium hipoklorit (NaC1O)," kata Maher.

Baca Juga:

Sebuah Liontin Berbentuk Virus Corona Tiba-Tiba Viral, Penyebabnya Sangat Mengejutkan!

Penggunaan beberapa cairan itu bukan tanpa alasan, seperti halnya Alkohol isopropil yang dianggap paling tidak berbahaya bagi lapisan oleophobic. Sementara etanol serta hidrogen peroksida, bisa dijadikan opsi kedia, karena jika sering digunakan produk ini bisa mudah merusak lapisan oleophobic.

bersihkanlah dengan perlahan dan dengan cara yang benar (Foto: wirecutter)

Konsentrasi yang tepat yakni sekitar 70 hingga 80 persen. Alkohol murni menguap terlalu cepat. Sebagai solusi, disinfektan harus didiamkan selama sekitar satu menit. Konsenstrasi yang lebih rendah kurang efisien dalam membunuh virus.

Perlu dicatat, pastikan kamu tak menuangkan desinfektan pada konektor speaker atau celah lain di ponselmu, meski benda itu anti air. Jadi sebaiknya ambil kapas setelah itu rendam dalam cairan. Lalu selanjutnya kamu oleskan pada semua sisi ponsel.

Tak perlu menekan dengan keras saat mengoleskan pada semua sisi ponsel, cukup pelan-pelan namun merata di seluruh permukaan. (Ryn)

Baca Juga:

Kisah Viral Kucing Terjebak 40 Hari di Apartemen, Karena Pemiliknya Terkena COVID-19

#Smartphone #Virus Corona #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan