Yuk, Kenalan dengan Andaliman, si Jeruk Pedas Khas Batak Andaliman merupakan bumbu khas Batak. (foto: Instagram @jorganics)

PERNAH dengar andaliman? Bumbu masak yang satu itu khas dari Sumatra Utara. Suku Batak Toba ialah pengguna andaliman dalam masakan khas mereka. Arsik ikan mas, saksang, mi gomak ialah contoh menu khas Batak yang menggunakan andaliman di dalamnya. Di Indonesia, andaliman hanya digunakan dalam masakan Batak. Itulah mengapa bumbu satu ini dikenal dengan nama 'merica batak'. Kenapa merica?

Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan). Tidak mengherankan jika andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut. Namun jangan salah, di balik kelembutan rasa jeruk itu ada sensasi pedas 'menggigit'. Sensasi rasa andaliman bahkan bisa menimbulkan kelu atau mati rasa di lidah, meskipun tidak sepedas cabai atau lada. Rasa kelu di lidah itu disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool di dalam rempah berbentuk buah kecil bergerombol ini.

Andaliman juga dikenal dengan nama Szechwan pepper. (foto: thenaturalherbalist)

Meski di Tanah Air andaliman hanya muncul di kuliner Batak, rempah satu ini ternyata umum digunakan di beberapa negara Asia, seperti di Jepang, Nepal, India, juga Tiongkok. Mereka lebih mengenalnya dengan nama Szechwan pepper.

Karena punya rasa pedas yang menonjol, penggunaan andaliman dalam masakan haruslah dalam porsi yang pas. Pasalnya, jika berlebih, rempah ini akan merusak citarasa asli masakan. Selain arsik dan saksang, olahan masakan lain yang juga menggunakan andaliman, yakni sambal andaliman, terong goreng bumbu andaliman, sampai ayam/ikan goreng bumbu andaliman.

arsik ikan mas
Arsik ikan mas yang menggunakan andaliman sebagai bumbunya. (foto: sibatak)

Selain kulitnya yang digunakan sebagai bumbu masak, buah andaliman juga sering dimanfaatkan untuk kepentingan industri farmasi. Senyawa aromatik dan minyak esensial yang terkandung di dalamnya bisa berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

saksang
Saksang, olahan yang juga menggunakan andaliman. (foto: youtube)

Sebagai antioksidan alami, andaliman sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari radikal bebas. Manfaat lainnya bumbu ini bagi kesehatan ialah sebagai penambah darah alami, melancarkan peredaran darah, dan menghindari penggumpalan. Di dalam setiap biji rempah ini terkandung berbagai nutrisi, di antaranya vitamin A, B1, dan C juga zat besi dan kalsium. Hal itulah yang membuat andaliman berkhasiat dalam menyehatkan mata, menguatkan tulang dan gigi, menjaga kinerja otak, bahkan membantu melancarkan menstruasi bagi perempuan.

Di pasaran, andaliman dijual dalam berbagai bentuk, mulai dari buah segar, bumbu halus siap olah, juga berbentuk pasta. Saat membeli andaliman, disarankan untuk memilih yang kering, tidak lembap, dan beraroma menyengat. Hal tersebut menjadi ciri utama andaliman yang berkualitas bagus. Selain itu, agar tetap terjaga kualitasnya, andaliman sebaiknya disimpan dalam toples yang kedap udara. Pastikan juga toples tersebut dalam keadaan benar-benar kering dan bersih.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH