Yuk Kenalan Dengan 5 Kuliner yang Punya Nama Unik Sate kere (Sumber: Instagram/kunyahterus_id)

BUKAN rahasia lagi kalau Indonesia punya segudang makanan tradisional dengan cita rasa nikmat. Beberapa diantaranya mungkin seringkamu dengar, misalnya soto Lamongan, bakso malang atau asinan bogor.

Tapi ada juga loh nama makanan yang terdengar asing di telinga misalnya kicak khas Kauman, gulai siput khas Riau atau sotong pangkong dari Pontianak. Ada pula kuliner dengan nama-nama unik dan sedikit menggelitik.

Berikut ini 5 kuliner yang memiliki nama unik. Apa saja itu?

1. Kerupuk melarat

kerupuk melarat (Sumber: Instagram/irnautama)
kerupuk melarat (Sumber: Instagram/irnautama)

Dalam kamus bahasa Indonesia, 'melarat' memiliki arti miskin. Tapi bagaimana kalau kata tersebut dijadikan nama sebuah makanan? Jika kamu berkunjung ke Cirebon, mungkin kamu akan menemukan sebuah kudapan bernama kerupuk melarat.

Berbeda dengan kerupuk lainnya, kerupuk melarat tidak diolah menggunakan minyak melainkan dengan pasir yang dibersihkan terlebih dahulu. Kerupuk ini tersedia dengan beraneka warna dan biasa disajikan bersama sambal asam. Sudah pernah coba?

2. Sate kere

Sate kere (Sumber: Instagram/asliwenakiki)
Sate kere (Sumber: Instagram/asliwenakiki)

Kalau di Cirebon ada kerupuk melarat, beda lagi kalau kamu berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Di sana ada sebuah kuliner khas bernama sate kere yang artinya sate miskin. Hal itu karena ukurannya lebih kecil dengan isi ampas tempe dan jeroan sapi.

Meski namanya terdengar lucu, penyajian sate kere sama seperti sate-sate pada umumnya. Sate ini diolah dengan cara dibakar dan disiram menggunakan bumbu kacang. Sate kere lebih nikmat jika disantap saat masih hangat.

3. Kuku macan

Kuku macan (Sumber: Instagram/hanhanny)
Kuku macan (Sumber: Instagram/hanhanny)

Meski namanya terdengar menyeramkan, kudapan asal Balikpapan ini tak ada kaitannya dengan hewan buas. Kuku macan merukanan camilan renyah yang terbuat dari gilingan ikan tenggiri dan dibuat lancip seperti kuku macan atau harimau.

Kuku macan juga banyak dijual di beberapa daerah di Kalimantan. Kudapan ini sangat cocok dinikmati saat waktu senggang. Ketika kamu mencicipinya dijamin akan ketagihan dan tidak mau berhenti mengunyahnya.

4. Nasi kentut

Nasi kentut (Sumber: Instagram/kreatifood)
Nasi kentut (Sumber: Instagram/kreatifood)

Memang terdengar agak geli, namun percayalah kuliner yang satu ini sangat populer di daerah asalnya yakni Medan. Nasi kentut terbuat dari bahan utama daun kentut atau sembukan. Disebut daun kentut karena baunya seperti kentut manusia.

Meski demikian setelah diolah bau daun kentut sudah hilang kok. Nasi kentut adaah salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki banyak khasiat kesehatan seperti menyembuhkan sariawan dan sakit lambung.

5. Singkong bajingan

Singkong bajingan (Sumber: Instagram/noeniex_noe)
Singkong bajingan (Sumber: Instagram/noeniex_noe)

Terdengar kasar sih di telinga, tapi ketika kamu mencicipinya dijamin akan ketagihan. Singkong bajingan memiliki rasa manis yang berasal dari gula Jawa serta bertekstur lembut. Campuran santan serta daun pandan semakin menambah aroma kenikmatannya.

Singkong bajingan adalah camilan asal Temanggung. Dulu, bajingan adalah makanan mewah. Biasanya ia disajikan untuk para penarik gerobak tradisional di Temanggung.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH